Lestarikan Alam, Komunitas Gerakan Nusantara Gelar Tanam Pohon di Campurejo, Gresik

Lestarikan Alam, Komunitas Gerakan Nusantara Gelar Tanam Pohon di Campurejo, Gresik Komunitas gerakan nusantara bersama-sama elemen masyarakat saat tanam pohon di Desa Campurejo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Banyaknya lahan subur di Kabupaten Gresik yang beralih fungsi disikapi serius oleh komunitas gerakan nusantara. Mereka getol melakukan tanam pohon di wilayah-wilayah yang kritis akan penghijauan.

Kali ini tanam pohon dilakukan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, bertemakan 'Gerakan Nusantara Tanam Pohon, Merawat Bumi Merawat Kebhinnekaan', Minggu (26/3).

Berbagai elemen masyarakat, mulai dari Komunitas Lintas Iman, Pemda Gresik, perusahaan/BUMN dan masyarakat bergotong-royong menanam 1.500 bibit pohon. Jenis pohon yang ditanam, 70 persennya adalah jenis pohon kayu. Sedangkan sisanya adalah pohon serbaguna seperti pohon Tanjung, Kenari, Glodokan Tiang, Sirsak, Mahoni, Mindi dan lainnya.

Bagi komunitas ini, gerakan tanam pohon tersebut menjadi salah satu ikhtiar, bukan saja dalam merawat dan melestarikan lingkungan sehat, tetapi juga ikhtiar menuju kehidupan yang damai dalam lingkup Bhinneka Tunggal Ika sebagai bagian dari misi kebangsaan yang rahmatan lil alamin.

Sebab, dewasa ini eksplorasi sumber daya alam yang cenderung berakhir dengan krisis lingkungan perlu disikapi dengan kegiatan-kegiatan penyeimbang agar sumber daya alam, khususnya lingkungan yang sehat dan hijau dapat berfungsi sebagaimana mestinya dalam menunjang kesejahteraan manusia.

Menumbuhkembangkan kesadaran kolektif dalam merawat dan menjaga kelestarian lingkungan bukanlah hal yang mudah. Perlu pendekatan bertahap, terkonsep, dan terintegrasi secara sistematis di semua lapisan masyarakat, baik di tingkat nasional maupun desa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO