Hidup Sebatang Kara, Mbah Yah Dievakuasi ke UPT Lansia di Glenmore

Hidup Sebatang Kara, Mbah Yah Dievakuasi ke UPT Lansia di Glenmore Mbah Yah, ketika dibawa ketua RT Abdul Karim dan istri menuju panti.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Mbah Yah (73), adalah salah satu perempuan yang hidupnya sebatang kara. Bahkan, wanita yang sudah berambut uban itu bertempat tinggal di sekitar kandang ayam milik Agus Samiaji, warga Krajan RT 04/RW I, Kelurahan Kertosari, Kecamatan .

Ia sudah sejak 10 tahun hidup di Kertosari. Sedangkan asal usulnya tidak jelas, tapi sempat mengaku dari Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore. Itupun mengaku tidak punya sanak famili sekali.

Dulu sehari-harinya sempat menjadi tukang urut, namun tidak bertahan lama, karena sakit. Sedangkan untuk bertahan hidup, mbah Yah sering diberi makan tetangga kanan-kiri. Dia tidur di gubuk kecil ukuran panjang 2 meter dan lebar 1 meter.

Kondisi lingkungan tempat tinggalnya tidak sehat, karena dekat kandang ayam. Ada seorang warga, bernama Zubaidi (40) tetangga dekat yang sering memandikan, memakaikan baju hingga buang air kecil dan besar.

Nenek tua itu juga matanya kurang awas. Sehingga, ia sering dibopong warga. Melihat kondisinya cukup memprihatinkan, ada warga yang menelpon Kepala Dinas Sosial , Peni Handayani, tujuanya agar Mbah Yah ditempatkan di Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Pelayanan Sosial Lanjut Usia di Kecamatan Glenmore, 65 km dari kota .

Setelah melakukan penegecekan ke Mbah Yah, Peni memerintahkan kepada stafnya untuk segara mengevakuasi ke UPT Pelayanan Sosial Usia tersebut. Akhirnya, tim dari Dinas Sosial dipimpin humasnya, Bambang Suharto untuk mengevakuasi Mbah Yah dengan mengendarai mobil dinas Taruna untuk dibawa ke UPT Pelayanan Sosial Usia di Krikilan, Glenmore. Bahkan, ketika Mbah Yah berangkat, banyak warga yang menangis.

Penjemputan Mbah Yah oleh Dinsos tersebut juga mengundang perhatian sejumlah warga. Mereka bahkan langsung menyalami Mak Yah yang sudah 10 tahun bertempat tinggal di sekitar Lingkungan Krajan, Kelurahan Kertosari tersebut.

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO