Ribuan Sepeda Kuno Tumplek Blek di Kediri

Ribuan Sepeda Kuno Tumplek Blek di Kediri Pesepeda kuno saat melintas di monumen Simpang Lima Gumul, Kediri. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sekitar 7.000 lebih komunitas sepeda tua dari berbagai daerah di Indonesia, tumplek blek di jalanan kota dan Kabupaten . Ribuan ontelis se-Nusantara ini, menyusuri untuk ikut menyemarakkan rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten yang ke-1213, di Simpang Lima Gumul (SLG), Minggu (19/3).

Ribuan peserta Gaya Tari Ontel (GTO), dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten tersebut berkumpul untuk melakukan konvoi keliling kota, mulai dari SLG menuju arah barat melewati Kantor Pemerintah Kabupaten , kemudian ke utara melewati kawasan PT Gudang Garam, dan ke arah timur, kembali ke SLG.

Ketua panitia penyelenggara, Muji Harjito mengatakan, selain memperingati HUT yang ke-1213, acara keliling tersebut, juga untuk menjalin silaturahmi antar grup GTO di seluruh Indonesia.

“Ada 7000 lebih yang datang untuk ikut menyemarakkan acara ini,” ujarnya.

Ada banyak hadiah yang disediakan oleh panitia dalam acara tersebut. Selain uang tunai dan barang-barang berharga lainnya, panitia juga sengaja menyiapkan hadiah berupa 1 ekor sapi, bagi peserta yang berhasil mendapatkan penilaian terbaik.

“Selain hadiah utama ada hadiah lain itu nantinya akan diundi melalui kupon yang telah diberikan saat start. Ada penilaiannya untuk mendapatkan hadiah utama 1 ekor sapi. Kategori penilaiannya yaitu dilihat dari tata tertib bersepeda saat berjalan, kostum yang digunakan, dan juga legendaris sepedanya,” imbuh Jito.

Event akbar ini juga dihadiri Presiden Internasional Veteran Cycle Asosiation (IVCA) Dirk Van Luchem asal Belanda. Ia juga mengikuti bersepeda mengelilingi sejumlah lokasi di Kabupaten . Menurutnya, pemandangan di Indonesia sangat indah dan warganya ramah. Ia juga kagum kepada pemuda pemudi yang berantusias mengikuti parade sepeda tua. "Indonesia Eksotis," ujarnya. (rif/rus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO