Yayasan Kopernik dan EMCL Luncurkan Program Ibu Inspirasi Indonesia Barat di Tuban dan Bojonegoro

Yayasan Kopernik dan EMCL Luncurkan Program Ibu Inspirasi Indonesia Barat di Tuban dan Bojonegoro EMCL dan Yayasan Kopernik saat sarasehan di Bali Rich Villa. foto: GUNAWAN WIHANDONO/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Yayasan Kopernik bersama Operator Lapangan Banyuurip Blok Cepu, Exxon Mobil Cepu Limited (), meluncurkan program Ibu Inspirasi Indonesia Barat tahun 2017 di Kabupaten Tuban yang berlangsung di hotel Bali Rich Villa, Jl. Dr. Sutomo No 28 Tuban, Minggu (19/3).

Humas , Rexy Mawardijaya menyampaikan, program yang telah sukses di Bojonegoro sejak tahun 2010 ini bakal diimplementasikan terhadap perempuan atau ibu di Kabupaten Tuban, khususnya di jalur pipa minyak Blok Cepu.

"Selama tujuh tahun kami bersinergi dengan yayasan Kopernik untuk memberdayakan Ibu-ibu di sekitar wilayah operasi," ujarnya.

Menurutnya, program ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di wilayah terdampak aktivitas eksplorasi minyak di wilayah Tuban dan Bojonegoro. Di mana, setiap perempuan yang terpilih bakal diberdayakan tentang peran apa yang harus dilakukan dalam keluarga dan masyarakat.

"Mulai tahun 2010 sudah sekitar 130 perempuan yang sukses menerima program ibu inspirasi Indonesia barat ini," tambah Rexy.

Sementara itu, Associate Program Manager Ibu Inspirasi Indonesia Barat, Yurifa menyampaikan, sebelumnya telah berjalan program pemberdayaan pemanfaatan teknologi tepat guna kepada perempuan atau ibu di Tuban dan Bojonegoro. Namun seiring berjalannya waktu, agar perempuan ini lebih produktif, mereka nantinya tidak hanya mengandalkan teknologi tepat guna. Akhirnya, Kopernik memberikan pelatihan dan memfasilitasi perempuan atu ibu cara pembukuan dan manajemen marketing.

"Pada tahap awal peluncuran program ini, ada 16 perempuan atau ibu dari Tuban dan Bojonegoro yang terpilih menerima program ibu Inspirasi," jelas Yurifa.

Dalam peluncuran program Ibu Inspirasi Indonesia, para peserta diberikan beberapa materi supaya tetap mantap dengan visi dan misi awal. Materi yang diberikan mulai pemahaman gender yang disampaikan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disnsos PPPA) Tuban. Dilanjutkan materi kesiapan bisnis, di mana pengetahuan ini penting sebelum ibu memulai bisnisnya.

"Kami berharap pemberian materi ini dapat mempertahankan komitmen dan semangat ibu atau perempuan untuk lebih mandiri,"pungkasnya.(gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO