Ada Putri Duyung di Kalimas, Prihatin dan Protes Pencemaran Air di Sungai

Ada Putri Duyung di Kalimas, Prihatin dan Protes Pencemaran Air di Sungai

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Indonesia Water Community of Practice (IndoWater CoP) menggelar aksi di , Rabu, (8/3/2017). Dalam aksinya itu, beberapa anggota IndoWater CoP berdandan layaknya Putri Duyung yang memiliki tubuh seperti seorang perempuan dari pinggang sampai kepalanya. Sedangkan bagian tubuhnya dari pinggang ke bawah menyerupai ikan.

Aksi mereka menyita perhatian pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas di Yos Sudarso menuju Ketabangkali atau Balai Kota . Menariknya lagi, anggota IndoWater Cop yang berdandan Putri Duyung itu seorang laki-laki, mereka juga memakai pakaian dalam wanita untuk menutupi buah dadanya. Rambut dan beberapa topi yang dipakai juga milik perempuan, sehingga sangat menarik dan unik.

Seusai beraksi di dengan menggunakan perahu karet, mereka naik ke daratan sambil ngesot dan loncat-loncat. Mereka juga membawa tulisan di antaranya: “Kembalikan Kejantananku”, “Pestisida deterjen rusak gairah bercintaku”, “30% ikan Kali Brantas intersexual”, dan “bebaskan sungaiku dari popok bayi dan pembalut wanita”.

Koordinator Nasional IndoWater Cop Riska Darmawanti mengatakan, berdasarkan Atlas Mutu Air Indonesia yang dikeluarkan oleh KLHK (2015), dinyatakan bahwa 68% sungai di Indonesia tercemar berat, di mana penilaian ini didasarkan pada baku mutu kualitas air yang terdapat dalam PP No. 82/ 2001.

“Namun, kami melihat bahwa parameter yang tercantum dalam PP No. 82/2001 sudah tidak lagi memadai untuk menjadi panduan penilaian kualitas air yang ada sekarang,” kata Riska di sela-sela aksinya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO