Banjir dan Longsor di Pamekasan, Masa Siaga dan Tanggap Darurat Diperpanjang

Banjir dan Longsor di Pamekasan, Masa Siaga dan Tanggap Darurat Diperpanjang Tim Palang Merah menyisir banjir untuk untuk memberikan pertolongan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Siaga dan tanggap darurat bencana alam Kabupaten Pamekasan diperpanjangan hingga akhir bulan Maret 2017, karena banyak bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang tersebar di beberapa titik lokasi. Ini membuat BPBD Pamekasan membuat langkah-langkah kedaruratan, Kamis (2/3).

Kepala BPBD Pamekasan Akmalul Firdaus S.Sos mengatakan, pihaknya melakukan langkah sesuai dengan kewenangan. Kata dia, kedaruratan ini hanya sementara karena banyaknya bencana alam.

“Dalam langkah kedaruratan ini kami tetap melalui proses pengkajian oleh tim dan kami tindaklanjuti serta diusulkan anggarannya untuk dilakukan tanggap darurat,” katanya.

"Yang menjadi prioritas dalam tanggap darurat ini melihat kondisi riil di lapangan yang berpotensi rawan bencana serta mengancam keselamatan dan pemukiman penduduk beserta fasilitas umum dan lain-lain. Kalau kami bisa melakukan tanggap darurat yang sifatnya sementara, kami lakukan. Jika tidak mampu secara teknis akan diusulkan pada kegiatan permanen di APBD reguler," ungkapnya.

Untuk sementara ini, siaga dan tanggap darurat BPBD Pamekasan masih diperpanjang sampai sampai pada bulan Maret. “Kondisi dan cuaca yang cukup ekstrem dan belum stabil membuat kami melakukan perpanjangan status darurat bencana alam,” jelasnya.

"Kami berharap agar masyarakat yang berada di wilayah yang berpotensi bencana supaya berhati-hati, dan jika terjadi bencana segera menghubungi kami agar bisa dilakukan langkah-langkah kedaruratan," pungkas Firdaus. (err/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO