Perang Bintang Pilgub Jatim 2018, The Initiative Rilis Empat Figur Terpopuler di Jatim

Perang Bintang Pilgub Jatim 2018, The Initiative Rilis Empat Figur Terpopuler di Jatim foto: detikcom

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, ada beberapa nama figur yang paling populer di Jawa Timur. Ukurannya, karena sering muncul di media, baik cetak maupun online. Survei yang dilakukan The Initiative Institute menyebutkan ada empat figur yang paling sering ada di media.

Keempat figur yang tenar di media itu adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (34%), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (33%), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (15%), serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (11%). Sedangkan tokoh lain sebanyak 8%, yang termasuk di dalamnya ada Agus Harimurti Yudhoyono dan Abdul Halim Iskandar (Pak Halim).

"Survei ini kami laksanakan Agustus 2016 hingga Februari 217, berdasarkan ekspos media. Jadi nanti 2018, mereka maju Pilgub, akan terjadi stars war di Jawa Timur, karena para tokoh ini memiliki kekuasan," kata Pengajar Departemen Politik Unair Airlangga Pribadi Kusman dalam diskusi Kriteria Pemimpin Jatim diselengarakan The Initiative Institut di Lodjie Besar, Koffie dan Djamoe Jl Makam Peneleh 46, Rabu (1/3).

CEO The Initiative Institute itu memaparkan dari perolehan survei 34%, Gus Ipul memiliki pemberitaan positif mencapai 90%. Isu utama yang dibicarakan Gus Ipul di media didominasi tentang ekonomi 15,7%. Sedangkan bidang tansportasi dan kesehatan kurang dibicarakan hanya 1,05%.

Sedangkan Risma pemberitaan positifnya 77%. "Dibanding Gus Ipul, Risma ini masih memunculkan sentimen negatif. Contoh, demo buruh yang sampai di rumahnya. Risma cukup negatif saat bertemu buruh. Berita perburuhan Risma buruk.

Sedangkan Gus Ipul tidak negatif karena masih ada gubernur yang menanganinya," papar Airlangga.

Dia mengakui, Risma, meski belum menyatakan maju, tapi ekspos media soal majunya dalam Pilgub cukup mendominasi yaitu sebanyak 16,48%. Lalu pemberitaan Risma lainnya yang banyak muncul di media adalah bidang ekonomi 10,99% dan pendidikan 9,89%.

Lalu untuk Khofifah, dari tren pemberitaan media 15%, ekspos positifnya mencapai 90,2 dan tidak ada berita negatifnya. "Berita terbanyak tentang ekonomi 11,9%, dukungan Pilgub dan Cagub, serta disabilitas sama-sama 9,52%," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO