Estimasi Kuota Haji Kota Blitar Bertambah 40 Jamaah

Estimasi Kuota Haji Kota Blitar Bertambah 40 Jamaah Ilustrasi

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kuota haji Indonesia tahun 2017 ini sudah dipastikan bakal kembali normal. Hal itu pun juga berdampak langsung kepada kembalinya kuota haji di masing-masing kabupaten kota se-Indonesia, di mana beberapa tahun terakhir kuota hanya 80 persen. Hal itu akibat adanya perbaikan di sejumlah sarana prasana di Arab Saudi.

Di kota Blitar kuota haji yang pada tahun sebelumnya hanya 80 persen, tahun ini juga dipastikan akan kembali 100 persen. Muslih, Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Blitar saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Namun sejauh ini pihaknya mengaku belum mendapatkan kepastian resmi dari Kemenag pusat.

Menurutnya jika kuota haji kota Blitar kembali 100 persen, estimasi tambahan jamaah haji berdasarkan informasi dari Kanwil Kemenag Provinsi adalah sebanyak 40 jamaah. Sehingga total jamaah jika digabungkan dengan data jamaah haji yang sudah terverifikasi untuk berangkat tahun ini sebanyak 145 jamaah.

"Iya, memang kita diinstruksikan untuk mempersiapkan 40 calon jamaah haji tambahan untuk berangkat tahun ini. Namun memang sejauh ini untuk pemberitahuan secara resmi belum kami terima. Nantinya jika kuota kita benar-benar bertambah 40 jamaah, maka jumlah jamaah haji kota Blitar yang akan berangkat tahun ini sebanyak 145 jamaah. Dengan rincian 105 jamaah yang sudah pasti berangkat dan 40 kuota tambahan," papar Muslih saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/2).

Muslih menambahkan selain tambahan 40 jamaah, dimungkinkan kota Blitar juga masih akan menerima jatah dari sisa kuota nasional sebanyak 10.000. Di mana kota Blitar diperkirakan akan mendapat jatah 7 jamaah.

"Jika ditotal estimasi akan ada sebanyal 152 jamaah dari kota Blitar," terangnya.

Lanjut Muslih, sesuai aturan, kuota tambahan sebanyak 40 jamaah tersebut diberikan kepada calon jamaah haji sesuai nomor urut porsinya. Sementara jika ada tambahan lagi dari sisa kuota nasional baru akan diprioritaskan untuk jamaah lansia. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO