Kunjungan ke Gresik, Menristekdikti Saksikan Produk Rubber Airbag Produk dalam Negeri di PT. Marina

Kunjungan ke Gresik, Menristekdikti Saksikan Produk Rubber Airbag Produk dalam Negeri di PT. Marina Menristekdikti Muhammad Nasir saat melihat proses penarikan kapal dengan rubber airbag di galangan PT. Marina Indonesia Shipyard. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menristekdikti (Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) RI Muhammad Nasir melakukan kunjungan kerja ke PT. Marina Indonesia Shipyard, di Jalan Amak Kasim Kelurahan Sidorukun Kecamatan Gresik, Senin (20/2).

Kunjungannya kali ini untuk melihat secara langsung produk rubber airbag buatan dalam negeri untuk roda kapal saat lagi docking (digalang) maupun saat dilepas ke laut.

Rubber airbag sendiri merupakan produk yang digunakan industri perkapalan untuk membantu proses menaikan dan menurunkan kapal di galangan, baik dalam pembangunan kapal baru maupun reparasi kapal bekas.

Produk rubber airbag yang selama ini sepenuhnya diimpor dari Tiongkok, mampu diproduksi oleh industri dalam negeri, PT Mitra Prima Sentosa yang merupakan salah satu perusahaan penerima insentif Kemenristekdikti untuk tahun Anggaran 2016.

Bersama BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) telah melakukan riset pembuatan rubber airbag, dan telah menghasilkan prototype yang siap diuji di lapangan.

Dengan kualitas yang sama dengan produk impor sejenis, kelebihan rubber airbag buatan dalam negeri ini adalah dari segi harganya yang diklaim 30 persen lebih murah dibandingkan harga impor yang mencapai 80 hingga 150 juta rupiah per buah. Selain itu, karet alam sebagai bahan baku utama dinilai memiliki kelebihan tahan sobek dan tahan gesek.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO