Unipa Surabaya Dampingi Warga Desa di Sidoarjo Manfaatkan Teknologi Penjernih Air

Unipa Surabaya Dampingi Warga Desa di Sidoarjo Manfaatkan Teknologi Penjernih Air SIMBOLIS: Tim Dosen Unipa Surabaya menyerahkan alat penjernih air ke Desa Simpang Prambon, Sidoarjo, Rabu (21/12/2022). Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Krisis air bersih yang dihadapi masyarakat menjadi perhatian Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Upaya itu dilakukan dengan mendampingi warga agar bisa memanfaatkan penerapan teknologi .

Program pendampingan masyarakat tersebut bertajuk penerapan teknologi produksi air bersih di , Kabupaten .

Program ini didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) berbasis IKU (Indikator Kinerja Utama).

Program ini disosialisasikan ke puluhan warga dan para perangkat desa, di kantor desa setempat, Rabu (21/12/2022).

Ketua Tim Pelaksana Program, Moch Shofwan, menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya telah menyosialisasikan, mensimulasikan, dan mendampingi pemdes dan warga Simpang, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya air bersih.

“Kami juga sosialisasikan tentang standar air bersih yang layak digunakan sesuai dengan Permenkes Nomor 492 tahun 2010,” kata Shofwan didampingi Anggota Tim Pelaksana, Dian Majid dan Joko Sutrisno, usai sosialisasi.

“Dalam kegiatan ini, kami memotivasi masyarakat mitra untuk peningkatan kualitas hidup dengan penggunaan air bersih,” cetus Shofwan yang juga Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Unipa Surabaya.

Alumni Pascasarjana () tersebut menambahkan, pihaknya juga memberikan pemahaman tentang teknik pengolahan air yang tidak layak menjadi air yang layak digunakan. Teknik pengolahan air yang diberikan disesuaikan dengan kondisi air sumur masyarakat mitra.

Sementara Dian Majid selaku Dosen Teknik Lingkungan Unipa Surabaya menjelaskan soal beberapa parameter fisika yang dapat dijadikan indikator awal dalam penentuan kualitas air, seperti kejernihan dan bau.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO