Dinsos Situbondo Upayakan Penambahan Kampung Siaga Bencana

Dinsos Situbondo Upayakan Penambahan Kampung Siaga Bencana Lutfi JP, Kepala Dinsos Situbondo. foto: HADI PRAYITNO/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sebagai salah satu daerah rawan bencana, Kabupaten Situbondo perlu mendapat perhatian lebih dalam penanganan dan siaga bencana, salah satunya melalui kampung siaga bencana.

Pewujudan kampung siaga bencana di Situbondo tersebut menjadi salah satu upaya Dinas Sosial setempat dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Situbondo.

Menurut Lutfi Joko Prihatin, Kepala Dinas Sosial Situbondo, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim agar di Situbondo bisa dibentuk kampung-kampung siaga bencana baru di lokasi-lokasi rawan bencana.

"Di Situbondo sudah ada satu kampung bencana, lokasinya di Kecamatan Sumbermalang. Kami sedang mengusulkan agar bisa ada penambahan (kampung bencana) di daerah-daerah rawan lainnya yang rawan bencana," Ujar H. Lutfi Joko Prihatin, saat ditemui di kantornya, Kamis (16/2).

Mantan Kepala Dishubkominfo ini menambahkan, pengusulan pembentukan kampung siaga bencana akan disusun mulai dari penyusunan peta rawan bencana.

"Tahapannya, nanti kami akan mengawali dengan penyusunan peta rawan bencana untuk menentukan derah-daerah rawan bencana. Setelah itu baru daerah-derah rawan itu kami usulkan agar bisa di jadikan kampung siaga bencana juga," lanjut Lutfi yang saat ini juga dipercaya menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Alumni PMII Situbondo.

Lutfi berharap, adanya kampung siaga bencana ini benar-benar bisa menjadi solusi dalam menangani bencana sejak dini, mulai dari penanganan pra bencana hingga penangan pasca bencana. (had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO