Ingin Tingkatkan Perekonomian, Puluhan Warga Desa Sonopatik Ikuti Pelatihan Menjahit

Ingin Tingkatkan Perekonomian, Puluhan Warga Desa Sonopatik Ikuti Pelatihan Menjahit Penyerahan alat jahit secara simbolis oleh Kepala Disperindag Nganjuk, Heni Rochtanti, kepada salah satu peserta pelatihan Menjahit. foto: INTAN/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan pelatihan menjahit di Konveksi Diana, Dusun Tanggungan, Desa Balongrejo, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Pelatihan menjahit tersebut diikuti oleh 25 warga Desa Sonopatik, Kecamatan Berbek, dengan narasumber yaitu Sani, pemilik Konveksi Diana.

Pelatihan ini resmi dibuka oleh Kepala Disperindag Kabupaten Nganjuk, Dra Rr Heni Rochtanti MM. Selain itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Berbek Pudjiarto, Kepala Desa Sonopatik Imam Achmad, serta kepala dan staf Bidang Perindustrian Disperindag turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan menjahit.

Heni mengatakan, pelatihan menjahit dilakukan untuk mempelajari keterampilan menjahit bagi warga desa Sonopatik yang masih pemula.

“Pelatihan ini dimulai dari nol, artinya yang belum bisa apa-apa, diberi pengenalan dasar, dan dilatih agar bisa menjahit,” kata Heni kepada BANGSAONLINE.com.

Ke depannya, jika ada peserta yang dapat menghasilkan produk jahitan dengan kualitas bagus, Disperindag Nganjuk juga akan membantu melalui pameran dan melatih warga tentang cara pemasaran dan manajemen.

Untuk masalah modal, Heni menuturkan, saat ini pemberian modal bagi seluruh pemilik usaha kecil dan menengah tidak dapat dilakukan oleh Disperindag.

"Pemberian modal oleh pemerintah hanya dapat diberikan kepada industri UMKM berbadan hukum yang telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan HAM (Kemenhumkam)," tutur Heni.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO