Dua Oknum KPK Terkena OTT Saat Peras Kades Kedungturi Jombang

Dua Oknum KPK Terkena OTT Saat Peras Kades Kedungturi Jombang Ilustrasi

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jajaran Satreskrim Polres Jombang membekuk dua oknum Komisi Pengawasan Korupsi (KPK). Keduanya terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat menerima uang hasil pemerasan terhadap Sucipto, Kepala Desa Kedungturi, Kecamatan Gudo.

Dua oknum tersebut yakni Soekarman Sahri dan Achmad Solikun. Hingga kini, petugas belum memberikan keterangan lengkap terkait alamat kedua pelaku. "Ngakunya pegawai KPK. Datang ke desa, menakut-nakuti terkait permasalahan korupsi,” beber Sucipto, kepala Desa Kedungturi, Selasa (12/2/2017).

Dalam menjalankan aksinya, dua oknum KPK abal-abal ini seolah sudah mengintai calon korbannya. Para pelaku datang mengenakan pakaian serba hitam, lengkap dengan lencana KPK terpasang di bajunya.

Selain itu, layaknya pejabat kelas atas, kedatangan dua oknum ini mengendarai kendaraan mobil mewah. ”Mereka hubungi nomor saya, bilang dari KPK minta waktu untuk klarifikasi terkait dugaan korupsi program prona 2016,” imbuhnya.

Untuk meyakinkan korbannya, mereka tidak datang dengan tangan kosong. Namun membawa sejumlah dokumen, perihal klarifikasi dugaan praktik pungli (pungutan liar) program Prona. Selain mengaku sudah menerjunkan tim investigasi di lapangan. Keduanya menggertak kepala desa dengan bukti data rekaman warga yang mengaku menjadi korban pungli.

Mendengar keterangan kedua pelaku, Sucipto memilih tak bertindak gegabah. Terlebih dalam benaknya dua oknum tersebut memang benar pegawai KPK. ”Mereka bilang berkas saya akan diajukan ke Jakarta, akhirnya saya minta waktu untuk berpikir. Sebab saya juga pas tidak ada uang,” bebernya.

Dengan nada serta sikap yang kasar, keduanya akhirnya menyanggupi keinginan kades dan pergi setelah menyerahkan berkas permohonan klarifikasi. ”Saya pelajari ternyata alamat kantornya tidak jelas, kadang disebut di Magelang, di Jakarta di Yogjakarta, dari situ kecurigaan saya semakin kuat,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO