SMA Nganjuk Siapkan Diri Hadapi UNBK 2017

SMA Nganjuk Siapkan Diri Hadapi UNBK 2017 Suasana ruang Labkom SMA N 1 Patianrowo yang sudah terpasang sarana dan prasarana untuk UNBK.

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Tanggal pelaksanaan UN di tingkat SMA/SMK/MA kian dekat. UN untuk tingkat SMK dilaksanakan tanggal 3 – 6 April 2017, sedangkan untuk tingkat SMA/MA akan dilaksanakan tanggal 10 – 13 April 2017.

Tahun ini, Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk telah memutuskan seluruh SMA/SMK/MA se-kabupaten harus menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berdasarkan instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hingga saat ini, persentase SMA/MA yang siap menyelenggarakan UNBK masih 58%.

Drs Sumiyanto MPd, Kepala Sekolah SMA N 1 Patianrowo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses persiapan UNBK, walaupun sebenarnya SMA tersebut baru siap menggelar UNBK tahun 2018.

“Untuk mengikuti UNBK, komputer yang ada harus sepertiga dari jumlah peserta UN. Berdasarkan kalkulasi, SMA N 1 Patianrowo membutuhkan 3 labkom (laboratorium komputer), di mana per labkom memuat 33-36 unit komputer. Saat ini sudah ada 1 labkom dan sedang melakukan persiapan pengadaan 2 labkom lagi. Selain itu kita juga mengupayakan untuk menambah daya listrik dan kecepatan internetnya,” kata Sumiyanto, Selasa (07/02).

Selain pengadaan sarana dan prasarana pendukung, beberapa SMA juga memberi pelatihan-pelatihan kepada siswa agar paham dan tidak terkejut saat mengerjakan UNBK, salah satunya dengan menggelar try out (TO).

Menurut Lanang Suprihadi, Kepala Sekolah SMA N 3 Nganjuk, pihaknya akan menggelar TO UN berbasis komputer pertengahan bulan Februari.

“Kami imbau kepada siswa untuk membawa laptop sendiri saat TO nanti. Kalau tidak punya, kami data, nanti akan memakai komputer sekolah. Namun itu hanya berlaku untuk TO saja. Saat hari pelaksanaan UN, semua sarana prasarananya sudah siap dipakai,” ujar Lanang.

Untuk dana pengadaan sarana pendukung UNBK, Lanang mengatakan, dana berasal dari bantuan pemerintah pusat dan pengalihan dana sekolah.

Lihat juga video 'Komnasdik Serahkan Bantuan Masker dan Peralatan Sekolah ke SMAN 3 Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO