Pramuka Harus Berinovasi Tanamkan Karakter Ke-Indonesia-an

Pramuka Harus Berinovasi Tanamkan Karakter Ke-Indonesia-an Wali Kota Mas'ud Yunus saat mengikuti rakercab Pramuka.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Mojokerto membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 2017. Berlangsung di aula Dinas Pendidikan Jalan Benteng Pancasila, Rakercab juga dihadiri Kak Novi Rahardjo selaku Wakil Ketua 7 Kwarcab dan Kepala Dinas Pendidikan. Rakercab ini diikuti puluhan Pembina Pramuka, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Kak Mas’ud mengatakan bahwa karakter ke-Indonesia-an harus terus ditanamkan pada program kerja Gerakan Pramuka di Kota Mojokerto, sehingga anggota Pramuka memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam.

“Itu merupakan benteng ideologi yang sangat kuat yang bisa menjadi jaminan kelangsungan NKRI di masa yang akan datang,” tuturnya.

Wali Kota mengatakan bahwa Kwarcab harus terus berinovasi agar pelajar dan masyarakat dapat tertarik untuk bergabung di Gerakan Pramuka.

“Harus ada upaya-upaya untuk menjadikan Pramuka ini lebih menarik. Ini membutuhkan kreativitas dan inovasi. Saya harap adanya Rakercab ini akan muncul inovasi-inovasi yang bisa membangkitkan adik-adik kita di kepramukaan,” harap Kak Mas’ud.

Metodologi kepramukaan, lanjut Kak Mas’ud, harus dikembangkan sesuai dengan zamannya. Tapi prinsip Kepramukaan harus terus kita pegang teguh. Kearifan Kepramukaan harus dipegang teguh oleh Pembina Pramuka. Gerakan Pramuka harus mengikuti zaman.

“Keberadaan Pramuka di Kota Mojokerto harus lebih eksis dan mampu memberikan inovasi. Kita harus menjadikan adik-adik Pramuka yang maju dan harus memiliki karakter ke-Indonesia-an,” sambungnya. (hms/ris/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO