Istri Gus Dur Temani Warga Jombang Rayakan Imlek

Istri Gus Dur Temani Warga Jombang Rayakan Imlek Sinta Nuriyah Wahid (Istri Gus Dur) dalam acara Imlek bersama warga Jombang, Minggu (5/2). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hj. Sinta Nuriyah Wahid, istri Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menemani puluhan warga Kabupaten Jombang memperingati perayaan Imlek 2568, Minggu (5/2). Istri Presiden RI Keempat tersebut berpesan agar warga tidak mudah terprovokasi atas situasi politik yang terjadi akhir-akhir ini.

Mengawali acara yang dilaksanakan di rumah Sinta Nuriyah di Jl. Juanda Jombang itu, lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama-sama. Selanjutnya, perwakilan dari etnis Tionghoa dipersilahkan menyampaikan sambutannya.

Willy Sugianto, salah satu perwakilan dalam sambutannya mengingatkan kembali peran Gus Dur dalam dinamika etnis Tionghoa Indonesia. "Pada era Presiden Abdurrahman Wahid, berbagai regulasi diskriminatif dicabut. Belenggunya dibuka. Tionghoa berhutang banyak pada Gus Dur," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Imlek tahun ini dilaksanakan dalam suasana Indonesia yang penuh dengan intrik politik yang berpotensi memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Sementara Sinta Nuriyah menyatakan, warisan pluralisme Gus Dur saat ini mendapat tantangan luar biasa. Kepentingan politik saat ini begitu menonjolkan kebencian, jauh dari cita-cita luhur pendiri bangsa. Ia pun mewanti-wanti agar setiap orang bisa menahan emosi dan tidak terprovokasi. "Jangan sampai kita bersikap frontal. Harus tabayyun dulu," ujarnya.

Salah satu hadirin, Suster Margaretha dari Katolik Jombang dalam kesempatan tersebut menyampaikan besarnya jasa Gus Dur bagi demokrasi Indonesia. Kelompok yang selama ini tertindas mendapat pembelaan dari Gus Dur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO