PDAM Surabaya segera Bangun Zona Air Minum Prima di Ngagel Tirto

PDAM Surabaya segera Bangun Zona Air Minum Prima di Ngagel Tirto Kram air siap minum yang tersebar se-Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya akan membangun zona air minum (ZAM) Prima di Ngagel Tirto, Bratang Surabaya. Rencananya, pembangunan Zam Prima ini akan direalisasikan tahun ini.

"Pembangunan Zam Prima ini kami bangun bekerjasama dengan pemerintahan daerah Kitakyushu Jepang. Rencananya tahun ini dibangun, tapi belum pasti bulan," kata Sekretaris Perusahaan PDAM Surya Sembada Surabaya Sayid M Iqbal, di Rumah Air Surabaya, Rabu, (18/1).

Menurut Iqbal, Zam Prima yang akan dibangun hampir sama dengan tempat air isi ulang yang banyak ditemui di pasaran atau kran air siap minum yang ditempatkan di tempat umum Kota Surabaya.

"Nantinya, Zam prima di Ngagel Tirto diharapkan dapat mendistribusikan air layak minum kepada 150 kepala keluarga atau sekitar 750-1000 jiwa," kata dia.

Sebenarnya, kata dia, PDAM Surya Sembada Surabaya telah membangun kran air siap minum di 26 titik di Surabaya, di antaranya Taman Bungkul, Taman Mundu, Rumah Sakit Bakti Darma Husada (RS BDH), SMA 16, Kampus Unair dan ITS Surabaya serta Terminal Bratang. "Setiap tahunnya kita akan menambahkan lima kran baru untuk air siap minum," katanya.

Adapun pola kerja zam prima itu sama saja dengan air minum atau isi ulang yang telah ada selama ini, yaitu dengan ditreatment terlebih dahulu sebelum dilakukan penyaluran kepada pelanggan. "Tarifnya sama dengan air yang distribusikan kepada pelanggan atau masyarakat Surabaya," sebutnya. (yul/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO