Ratusan Pendamping Desa Komitmen Lakukan Fasilitasi Pendampingan Meski tanpa SPT

Ratusan Pendamping Desa Komitmen Lakukan Fasilitasi Pendampingan Meski tanpa SPT

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Setelah berakhirnya kontrak para pendamping desa dengan Kementerian Desa, puluhan tenaga pendamping profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bondowoso berkumpul di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD).

Mereka bersama-sama dengan Kepala Dinas PMD, Kabid Pemberdayaan Desa, serta Kasi Kelembagaan dan Pemerintahan Desa, tetap serius membahas implementasi Dana Desa, meski mereka (Pendamping Desa red) hingga saat ini belum ada perpanjangan kontrak berupa Surat Perintah Tugas (SPT).

“Spirit teman-teman Pendamping P3MD ini, meski hingga hari ini belum mendapatkan Surat Perintah Tugas (SPT), Insyaallah masih terjaga,” ujar Andiono Putra, Koordinator P3MD Kabupaten Bondowoso usai acara saat ditemui kemarin sore di kantornya, Jumat (13/1).

Menurutnya, tenaga pendamping yang terdiri dari 6 Tenaga Ahli, 33 Pendamping Desa serta 61 Pendamping Lokal Desa, hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi dan pendampingan di area tugas masing-masing.

Andiono mengatakan, pentingnya rapat koordinasi pendamping bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas PMD ini agar implementasi Undang-Undang Desa melalui Dana Desa dapat berjalan lebih otpimal di Kabupaten Bondowoso.

“Tahun kemarin, kami harus “memasuki” dua pintu, yaitu pintu Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) yang merupakan leading sector P3MD serta pintu Bagian Pemerintahan yang merupakan pengendali Dana Desa. Tapi hari ini, dengan adanya OPD baru, dua pintu ini berada di Bidang Pemberdayaan Desa pada Dinas PMD. Insyaallah, tahun 2017 ini, program Dana Desa ini akan lebih baik,” tegas Andiono dihadapan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kepala Dinas PMD Bondowoso, Abd Rahman menyambut positif agenda rapat koordinasi yang digagas para TA P3MD. Menurutnya, semangat pendamping ini harus dijaga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO