Usai Aksi Bela Rakyat 121, Mahasiswa Ultimatum akan Gelar Reformasi Jilid II

Usai Aksi Bela Rakyat 121, Mahasiswa Ultimatum akan Gelar Reformasi Jilid II Ribuan mahasiswa terus bertahan hingga malam dalam Aksi Bela Rakyat 121 di Jl Merdeka Barat dan di depan Istana Negara.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ribuan mahasiswa di seluruh pelosok tanah air turun ke jalan dalam Aksi Bela Rakyat 121, Kamis (12/1). Mereka memrotes kebijakan Pemerintahan Joko Widodo yang terus menaikkan harga-harga dan dinilai memberatkan masyarakat.

Di Jakarta, seribuan mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta terus menduduki Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta hingga tadi malam. Mereka memprotes pemerintahan Jokowi-JK atas kenaikan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di Kepolisian, kenaikan tarif dasar listrik, dan kenaikan harga BBM.

Saat maghrib tiba, mahasiswa melakukan Salat Magrib berjemaah di jalan. Ratusan personel kepolisian pun terus bersiaga di lokasi.

Empat unit kendaraan taktis yang terdiri dari dua unit water cannon dan dua unit barracuda juga terlihat disiagakan di lokasi. Alasan massa tetap berada di lokasi meski jam demonstrasi telah berakhir pukul 18.00 WIB karena kecewa tak bertemu langsung dengan Jokowi.

Polisi mencoba mengajak negosiasi dan minta mahasiswa membubarkan diri. Namun mahasiswa bertahan dan menuntut ditemui langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sekitar 25 perguruan tinggi yang hadir antara lain BEM BSI, Universitas Juanda Bogor, STIE BI Pusat, STIE Hidayatullah Depok, PNJ, Yarsi, STAI BANI SALEH, dan IPB. Di antara pengunjuk rasa, ada sekitar 30 mahasiswa UNS Solo.

"Kami sengaja ikut aksi di Jakarta karena merasa ada janji Jokowi yang tidak sesuai waktu pemilu," kata Ilham Akbar, mahasiswa UNS.

Aksi sejenis dilakukan serentak di 19 titik kota berbeda di Indonesia, seperti Padang, Jambi, Bandung, Samarinda, Mataram, Gorontalo, Merauke, Surabaya. Untuk di Jakarta titik tujuan adalah Istana dan di kota lain di kantor gubernur dan DPRD.

Siang sebelumnya, tiga perwakilan Aksi Bela Rakyat 121 telah bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki untuk menyampaikan tuntutannya kepada presiden.

Sumber: merdeka.com/tribunnews.com

Lihat juga video 'Aksi Demo Mahasiswa Dibubarkan Dosen':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO