Kepala Dispendukcapil Malang Mundur, Pelayanan Amburadul, Wali Kota Lantik Pejabat Baru

Kepala Dispendukcapil Malang Mundur, Pelayanan Amburadul, Wali Kota Lantik Pejabat Baru Wawali Drs. H. Sutiaji saat memberi arahan pada mantan Kepala Dispenduk, Dra Metawati Ika Wardhani agar tetap memberi pelayanan sambil menunggu SK Mendagri.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kota Malang dibuat resah dengan pengurusan surat-surat di Dispendukcapil. Terjadi antrean panjang utuk mengurus KK, akte, maupun KTP. Usut punya usut ternyata Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Dra. Metawati Ika Wardhani, M.Si sudah mengundurkan diri sejak 23 Desember 2016 lalu. Dia tidak mau menandatangani surat apapun sejak saat itu.

Selain mundurnya Kepala Dinas sebab lainnya adalah dialihkannya pengurusan surat di kantor kelurahan. Semula ditanganiditangani tenaga outsourcing, namun sejak Desember kontrak kerjanya tak diperpanjang lagi. Semua pengurusan surat akhirnya menumpuk di Dispendukcapil di kantor Block Office Tlogowaru. Karena terpusat, antrean pun terjadi dan kian hari kian panjang.

Pemkot Malang langsung melakukan sidak untuk memastikan serta mencarikan solusi. Wakil Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji, didampingi beberapa Kepala SKPD, langsung berkomunikasi dengan masyarakat, dan memastikan kepada masyarakat, kejadian seperti seperti itu tidak akan terulang lagi.

“Kami berharap ada jalan keluarnya, selama belum ada SK pengunduran diri ditindaklanjuti oleh Kemendagri, maka kami berharap kepada saudari Meta (Kepala Dispenduk), untuk bisa membantu sementara penyelesaian surat akta, sebagaimana dikeluhkan warga masyarakat," jelas Wakil Wali Kota Malang.

Tidak ingin keluhan masyarakat berlarut, Wali Kota Malang HM. Anton, langsung memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah dan jabatan Kepala Dispenduk Capil Kota Malang yang baru, yakni Dra. Eny Hary Sutiany, MM. Pelantikan ini digelar Rabu (04/01) kemarin usai salat Dhuhur.  

“Pada pejabat baru kami berpesan dan berharap mengutamakan pelayanan publik sekaligus bisa melayani masyarakat penuh dengan semangat dan senyum menuju pelayanan prima," ujar Anton.

Kepala Dispendukcapil yang baru Eny HS, berjanji akan menjalankan amanat semaksimal mungkin sekaligus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Dia akan memberikan pelayanan pada masyarakat berupa mobil keliling pengurusan surat administrasi yang berkaitan dengan Dispendukcapil. (iwa/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO