Selasa, 16 Januari 2018 16:58

Quraish Shihab: Ucapkan Selamat Natal Tak Bertentangan dengan Aqidah

Senin, 26 Desember 2016 16:36 WIB
Quraish Shihab: Ucapkan Selamat Natal Tak Bertentangan dengan Aqidah
Gus Solah dan Quraish Shihab saat dialog di Aula KH Yusuf Hasim. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kedatangan pakar tafsir Al-Quran, Quraish Shihab yang didampingi keluarga besar Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Jakarta ke Pesantren Tebuireng Jombang, Senin (26/12/2016) disambut dengan dialog terbuka. Acara yang dihelat di Aula Gedung Yusuf Hasyim Pesantren Tebuireng tersebut diikuti oleh ratusan kiai dan pengajar Al-Qur’an dari seluruh Jawa Timur.

Quraish Shihab yang hadir bersama istri dan sebagian anak cucunya tersebut langsung disambut pengasuh Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) beserta istri Nyai Hj. Farida Salahuddin.

Pada dialog terbuka tersebut nampak hadir Pengasuh PP Roudhotul Tahfidhil Qur’an Perak Jombang KH Masduqi, Mudir Madrasatul Qur’an Tebuireng KH Syakir Ridwan dan Mudir Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Nur Hannan.

Dalam kesempatannya, Quraish mengajak kalangan pesantren dan seluruh masyarakat untuk senantiasa menghormati perbedaan dan mengembangkan budaya Islam yang damai. Ia mendorong kalangan pesantren untuk menjadikan konteks budaya sebagai salah satu pertimbangan dalam pengembangan pemikiran dan studi Al-Qur’an.

"Islam itu indah dan damai serta mendamaikan," tukasnya kepada awak media.

Menjawab pertanyaan media tentang larangan mengucapkan natal pada umat nasrani, Shihab dengan singkat menjawab bahwa hal tersebut tidaklah bertentangan dengan aqidah.

"Itu kan kita mengucapkan selamat atas kelahiran nabi isa, bukan mengucapkan selamat atas kelahiran Tuhan atau anak Tuhan menurut mereka," jawabnya. Ia menambahkan Nabi Isa adalah salah satu nabi umat islam.

Menjelang akhir kunjungannya, Quraish Shihab beserta keluarga menyempatkan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sebelum ke Ponpes Tebuireng, Quraish beserta keluarga mendatangi sejumlah ulama di Jawa. Di antaranya Mbah Mun Sarang, Gus Mus Rembang serta Gus Solah sendiri. (ony/rev)

(Quraish Shihab beserta keluarga menyempatkan ziarah ke makam Gus Dur, KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim)

Oleh: Suparto Wijoyo
Rabu, 10 Januari 2018 09:41 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SELAMA 93 TAHUN, nyaris seabad, rentang waktu yang membentang membukakan pintu rahasia untuk membaca suksesi kepemimpinan yang tengah dipentaskan. Lorong kisah perebutan genggam otoritas dari tahun 1200-1293 menggelarkan tikar re...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 11 Januari 2018 12:13 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Charlotte Crosby memamarkan payudara hasil olahan ‘ketok magic’ yang semula nyaris datar, kini menjadi menyembul luar biasa.Charlotte Crosby mengejutkan jutaan penggemarnya dengan foto selfie terbarunya dalam kondisi pa...