Rabu, 17 Januari 2018 13:43

Kebo Ketan Ngawi Diramaikan Seniman, Budayawan, hingga Musisi Nasional

Senin, 19 Desember 2016 00:18 WIB
Kebo Ketan Ngawi Diramaikan Seniman, Budayawan, hingga Musisi Nasional
Iwan Fals tampil di ritual Budaya Kebo Ketan di Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Seni kejadian berdampak di Ngawi yang diberi label Kebo Ketan diramaikan oleh musisi dan budayawan tingkat nasional. Salah satu musisi legendaris Iwan Fals nampak meramaikan acara yang digelar selama dua hari di daerah Walikukun Kecamatan Widodaren.

Musisi gaek itu manggung di lapangan bola Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, bersama Oppie Andaresta dan Sawung Jabo. Ribuan penonton pun langsung menyemut meski kondisi lapangan terlihat becek akibat guyuran hujan.

Sebelum Iwan Fals, di tempat yang sama juga ditampilkan beberapa musisi lainya seperti Jungkat Jungkit, Kodok Ibnu Sukodok, Jodhi Yudono, Angin Timur dan NOS.

Di hari pertama ini, agendanya adalah ritual budaya Upacara Kebo Ketan usai tampilan Iwan Fals cs,dan beberapa kegiatan dalam tajuk yang sama yang digelar malam harinya.

Sekitar pukul 19.00 WIB pagelaran akan diawali kidungan Lir Ilir dibawakan Billa Gita disusul istighosah dengan iringan musik dakwah bersama Ki Ageng Ganjur, Dr Zastrouw Al Ngatawi, serta Habib Lutfi Yahya dan diakhiri Khataman Al Qur’an.

“Memang acara ini (Kebo Ketan) sesuai saran Habib Lutfi bisa diselenggarakan setiap tahun yang dikaitkan dengan tradisi yang ada yaitu Mauludan. Perlu diketahui acara ini dilakukan bersama semua lapisan masyarakat dan melibatkan sekitar 700-an orang seniman nusantara,” jelas Bramantyo Prijosusilo, pemrakarsa acara tersebut.

Acara ini rencananya  akan dijadikan agenda tahunan dalam rangka menyongsong Ngawi Visit Years 2017. (nal/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo
Rabu, 10 Januari 2018 09:41 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SELAMA 93 TAHUN, nyaris seabad, rentang waktu yang membentang membukakan pintu rahasia untuk membaca suksesi kepemimpinan yang tengah dipentaskan. Lorong kisah perebutan genggam otoritas dari tahun 1200-1293 menggelarkan tikar re...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 11 Januari 2018 12:13 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Charlotte Crosby memamarkan payudara hasil olahan ‘ketok magic’ yang semula nyaris datar, kini menjadi menyembul luar biasa.Charlotte Crosby mengejutkan jutaan penggemarnya dengan foto selfie terbarunya dalam kondisi pa...