Kebo Ketan Ngawi Diramaikan Seniman, Budayawan, hingga Musisi Nasional

Kebo Ketan Ngawi Diramaikan Seniman, Budayawan, hingga Musisi Nasional Iwan Fals tampil di ritual Budaya Kebo Ketan di Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Seni kejadian berdampak di yang diberi label Kebo Ketan diramaikan oleh musisi dan budayawan tingkat nasional. Salah satu musisi legendaris Iwan Fals nampak meramaikan acara yang digelar selama dua hari di daerah Walikukun Kecamatan Widodaren.

Musisi gaek itu manggung di lapangan bola Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, bersama Oppie Andaresta dan Sawung Jabo. Ribuan penonton pun langsung menyemut meski kondisi lapangan terlihat becek akibat guyuran hujan.

Sebelum Iwan Fals, di tempat yang sama juga ditampilkan beberapa musisi lainya seperti Jungkat Jungkit, Kodok Ibnu Sukodok, Jodhi Yudono, Angin Timur dan NOS.

Di hari pertama ini, agendanya adalah ritual budaya Upacara Kebo Ketan usai tampilan Iwan Fals cs,dan beberapa kegiatan dalam tajuk yang sama yang digelar malam harinya.

Sekitar pukul 19.00 WIB pagelaran akan diawali kidungan Lir Ilir dibawakan Billa Gita disusul istighosah dengan iringan musik dakwah bersama Ki Ageng Ganjur, Dr Zastrouw Al Ngatawi, serta Habib Lutfi Yahya dan diakhiri Khataman Al Qur’an.

“Memang acara ini (Kebo Ketan) sesuai saran Habib Lutfi bisa diselenggarakan setiap tahun yang dikaitkan dengan tradisi yang ada yaitu Mauludan. Perlu diketahui acara ini dilakukan bersama semua lapisan masyarakat dan melibatkan sekitar 700-an orang seniman nusantara,” jelas Bramantyo Prijosusilo, pemrakarsa acara tersebut.

Acara ini rencananya  akan dijadikan agenda tahunan dalam rangka menyongsong Visit Years 2017. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO