Rekanan Keluhkan Lelang Proyek Fisik, Banyak Dimenangkan oleh Tawaran yang Jauh dari Nilai Pagu

Rekanan Keluhkan Lelang Proyek Fisik, Banyak Dimenangkan oleh Tawaran yang Jauh dari Nilai Pagu Salah satu proyek box culvert di lingkup Pemkab Gresik yang masih dalam tahap pengerjaan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah rekanan mengeluhkan lelang proyek fisik dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2016. Sebab, lelang tersebut kebanyakan dimenangkan oleh rekanan yang penawarannya jauh dari pagu.

Tidak tanggung-tanggung penurunan penawaran proyek tersebut antara 25-35 persen dari nilai pagu anggaran.

Mereka akhirnya memilih mencari proyek di daerah lain. Langkah ini dilakukan karena selain tidak mau merugi, para rekanan takut kualitas pengerjaan proyek tidak bisa bagus jika dipaksakan menurunkan penawaran.

"Benjut kabeh (babak belur) kalau mengerjakan proyek di lingkup Pemkab Gresik. Sekarang diskenario agar tawaran jatuh cukup jauh dari pagu. Sementara kualitas proyek tetap harus bagus. Masak bisa?" gerutu kata salah satu rekanan kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (1/12).

Menurutnya, tidak perlu heran kalau kualitas proyek di lingkup Pemkab Gresik saat ini banyak yang tak sesuai spek. "Kalau mau dibuat sesuai spek (spesifikasi) terus oleh opo (dapat apa) rekanan," terangnya.

"Di daerah lain rata-rata nilai proyek turun dari pagu antara 10-15 persen. Sehingga, rekanan masih mendapatkan keuntungan," pungkasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO