884 Pasukan Gabungan Amankan 7 Pilkades Serentak di Jombang

884 Pasukan Gabungan Amankan 7 Pilkades Serentak di Jombang Personel gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak saat mengikuti apel gelar pasukan di Mapolres, Rabu (23/11). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 884 personil gabung an terdiri dari Polres Jombang dan Polsek jajaran, Brimob, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Jombang diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan 7 Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak di kota setempat, Kamis (24/11) besok.

Seluruh personil tersebut dari Polri 433 petugas, 100 prajurit TNI, 100 personil Brimob, 251 gabungan dari Dishub dan Satpol PP Kabupaten Jombang.

"Petugas keamanan mulai hari ini sudah menggelar patroli di desa-desa yang akan menggelar Pilkades," ujar Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan pilkades serentak di lapangan upacara Mapolres setempat.

Ia menambahkan, untuk pola pengamanan yang diterapkan yakni setiap TPS (tempat pemungutan suara) akan dijaga sekitar 45 - 55 personil keamanan.

"Tergantung jumlah DPT (daftar pemilih tetap) dan juga jumlah calon kades yang akan bertarung. Misalnya Desa Balonggemek Kecamatan Megaluh ada 5 calon. Tentu jumlah pasukan keamanannya juga berbeda dengan desa lain yang rata-rata hanya 2 calon," ujarnya.

Tak hany itu, langkah lain untuk menjaga keamanan termasuk calon kades, kata Agung, yakni dengan melibatkan personil keamanan yang menempel pada tiap calon kades. "Tiap calon kades akan dijaga 3 personil keamanan yang menempel selama pelaksanaan," paparnya.

Agung memastikan dari tujuh desa di enam kecamatan yang akan menggelar pesta demokrasi semua aman.

"Dari pengamatan intelijen tidak ada titik rawan. Salah satu bukti dimana sejak penetapan panitia Pilkades 10 Oktober lalu hingga sekarang, suasana masih kondusif tidak ada protes maupun unjuk rasa. Meski begitu sudah ada Brimob jika terjadi situasi kontijensi," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnaya, dari 7 desa yang akan melaksanakan Pilkades, Kamis (24/11) besok masing-masing yakni, Desa Kedungotok, Kecamatan Tembelang 3 calon; Desa Pacarpeluk 2 calon dan Desa Balonggemek, Kecamatan Megaluh 5 calon; Desa/Kecamatan Kesamben 2 calon; Desa Kauman, Kecamatan Ngoro 2 calon; Desa Blimbing, Kecamatan Gudo 2 calon; serta Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan 2 calon. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO