Rabu, 26 April 2017 07:18

Bertemakan 'Islam Nusantara', BSC di Situbondo Berlangsung Meriah

Minggu, 20 November 2016 22:24 WIB
Bertemakan
Peserta Best Situbondo Carnival (BSC) di Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - 'Islam Nusantara' menjadi tema pilihan ajang Best Situbondo Carnival (BSC) 2016. Festival budaya yang diselenggarakan tiap tahun oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Situbondo berlangsung sangat meriah, Minggu (20/11).

Menurut Kepala Disparbudpora Kabupaten Situbondo, Drs. Tulus Priatmadji. Tema Islam Nusantara dipilih karena Situbondo merupakan Kota Santri. Tema islami ini sama dengan di tahun sebelumnya yang mengangkat tema Kejayaan Islam dunia.

"Kita pilih tema Islam Nusantara karena Situbondo merupakan Kota Santri. Dan ini perintah Bapak Bupati. BSC tahun sebelumnya kita juga mengangkat tema Islami yaitu "Kejayaan Islam dunia," kata Tulus Priamadji.

Mantan Kabag Pemerintahan Pemkab Situbondo ini menjelaskan, dari tema Islam Nusantara ada 6 subtema yang diatraksikan oleh 126 peserta, yaitu Ancak Agung, Istana Kesultanan Sumatra, Guardian Of Kota Santri, Wayang, Ketupat, dan Kesultanan Aceh.

"Subtema itu kita pilih sesuai dengan icon Kabupaten Situbondo sebagai Kota Santri dan Bumi Solawat Nariyah," tuturnya

Pantauan BANGSAONLINE.com, BSC 2016 ini start alun-alun dan finish di depan makam pahlawan Situbondo. Begitu dilepas. 126 peserta beratraksi sepanjang jalan 1,5 kilometer. Mereka beratraksi secara berurutan sesuai dengan subtema.

Momen tahunan yang digelar pemerintah kabupaten Situbondo ketiga kalinya ini berlangsung lancar dan tertib, pasalnya panitia memasang pagar besi di sepanjang rute yang dilalui peserta, sehingga penonton tidak lagi rebutan untuk foto-foto dengan peserta seperti tahun tahun sebelumnya.

Sepanjang rute yang ditentukan panitia dipenuhi ribuan penonton yang antusias melihat beragam busana memukau yang dikenakan oleh para peserta. Tampak tahun ini peserta tidak hanya diikuti orang dewasa namun juga terdiri dari anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

"Untuk tahun ini kita juga ikutsertakan anak-anak agar mereka juga mengerti dan memahami apa itu Islam Nusantara," terang Tulus Primaji

Sementara Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, Best Situbondo Carnival (BSC) dengan tema "Islam Nusantara" agar supaya bisa mempersembahkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin, yaitu Islam yang memberikan kesejukan, kedamaian dan Islam yang mengakui kebinikaan serta Islam yang memberikan rasa aman kepada seluruh suku, agama dan lainnya.

"Itu semua bisa kita tunjukkan di acara BSC yang ketiga ini, sehingga kultur yang terlebih dahulu ada menjadi pendorong dalam penyelenggaraan BSC ini," kata Bupati Dadang

Ia mengungkapkan, sengaja meminta kepada panitia untuk memilih tema "Islam Nusantara" agar Islam yang damai bisa ditunjukkan di BSC. Menurutnya, peserta BSC tidak hanya diikuti orang Islam, dan dari satu suku.

"Nanti juga ada kehormatan dari teman-teman Tionghoa, sehingga apa yang kita pesankan dari acara ini, bahwa Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil Alamin bisa kita tunjukkan dari sini," Pungkas Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, sambil didampingi Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi. (stb1/had/rev)

Senin, 24 April 2017 23:49 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   Wadharaba allaahu matsalan qaryatan kaanat aaminatan muthma-innatan ya/tiihaa rizquhaa raghadan min kulli makaanin fakafarat bi-an’umi allaahi fa-adzaaqahaa allaahu libaasa aljuu’i waalkhawfi b...
Minggu, 23 April 2017 21:52 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 25 April 2017 10:35 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Mengenakan baju tidur, dan duduk di pinggir ranjang, Stephanie Davis, seakan memberi pesan khusus kepada mantannya, Jeremy McConnell. Bahwa, kehadiran sang mantan, ditunggu di tempat tidur.Ibu dari Caben Albi ini me...