Sabtu, 21 April 2018 16:26

Hari ini Operasi Zebra 2016 Dimulai, Pengendara Diimbau Tertib Berlalu Lintas

Rabu, 16 November 2016 13:49 WIB
Wartawan: Romza
Hari ini Operasi Zebra 2016 Dimulai, Pengendara Diimbau Tertib Berlalu Lintas
Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Mellisa Amalia saat ditemui usai apel gelar pasukan di lapangan Pemkab setempat, Rabu (16/11). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Gelar apel pasukan dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2016 dilaksanakan di lapangan Pemkab Jombang, Rabu (16/11) pagi. Usai apel, secara otomatis operasi zebra resmi dimulai. Pengendara kendaraan bermotor diimbau berhati-hati dalam perjalanan.

Apel yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Jombang, Munjidah Wahab ini diikuti ratusan personil gabungan dari Polres Jombang dan satuan pendukung. Selain itu, sejumlah Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang hadir dalam apel tersebut di antaranya, Wakapolres Jombang, Komandan Satuan Radar 222, serta tokoh agama yang ada di kota santri.

"Tujuan operasi Zebra Semeru 2016, operasi cipta kondisi (cipkon) untuk menurunkan angka kecelakaan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017," ujar Kepala satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Jombang, AKP Mellysa Amalia ditemui usai apel pasukan.

Ia menjelaskan, Operasi zebra juga dilaksanakan guna mengurangi gangguan nyata seperti disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Sasaran operasi di antaranya kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

"Imbauan kami, mari kita peduli pada upaya pengurangan kecelakaan lalu lintas. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan lewati marka. Kelengkapan berkendara harus dipakai dan jangan lupa lengkapi dengan surat-surat yang diperlukan," ujarnya.

Mellisa mengungkapkan, kepatuhan pengendara terhadap rambu lalu lintas yang diikuti dengan terpenuhinya kelengkapan saat berkendara, menjadi poin penting dalam operasi kali ini.

"Yang menjadi catatan dalam operasi zebra semeru kali ini, kami tidak langsung memeriksa setiap kendaraan yang melintas," bebernya.

Lebih lanjut, Mellisa menjelaskan, petugas dari Satlantas Polres Jombang, mempertimbangkan faktor kepatuhan pengendara pada rambu-rambu lalu lintas sebelum melakukan tindakan. Sanksi tilang bisa diberikan jika terindikasi melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Jika petugas melihat ada indikasi pelanggaran, baik itu melanggar rambu-rambu, berkendara tidak lengkap, ataupun ada kelengkapan kendaraan yang kurang, maka akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan. Dari situ sanksi Tilang bisa diberikan," pungkas Mellisa.

Untuk diketahui, Polda Jawa Timur beserta jajarannya menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Zebra Semeru 2016” yang dilaksanakan selama 14 hari (16 – 29 Nopember 2016) di wilayah Jawa Timur. Ini dalam bentuk operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan penegakan hukum disertai kegiatan preemtif dan preventif secara selektif prioritas untuk mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap, tertib dan lancar. (rom/ony/rev)

Kamis, 19 April 2018 18:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT perdana Kandidat Gubernur Jawa Timur telah dihelat 10 April 2018 lalu dan terus mengiangkan diksi dan intonasi kata “kemiskinan” selama saya mengikutinya dalam perjalanan. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
Assalamualaikum Ustad, saya ingin bertanya. Bapak saya punya saudara laki-laki dan dia punya cucu perempuan, apakah boleh saya menikahinya. Mohon di jawab. Waalaikumsalam.(Muhammad Tesan, Netizen)Jawab:Status hubungan keluarga di atas adalah sudah ...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...