Karang Taruna dari 8 Desa Kunjungi Lapangan Minyak Banyu Urip Blok Cepu

Karang Taruna dari 8 Desa Kunjungi Lapangan Minyak Banyu Urip Blok Cepu

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan karang taruna dari wilayah jalur pipa ExxonMobil Cepu Limited () mengunjungi lapangan minyak Banyu Urip, Blok Cepu Rabu (09/11) kemarin.

Mereka berasal dari empat desa di Kabupaten Bojonegoro, yakni Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander, Desa Leran Kecamatan Kalitudu, Desa Jelu dan Desa Wadang Kecamatan Ngasem. Serta empat desa dari Kabupaten Tuban, yakni Desa Sumberagung dan Desa Trutup Kecamatan Plumpang, serta Desa Pucangan dan Desa Glodog Kecamatan Palang.

Kunjungan mereka disambut hangat oleh manajemen ExxonMobil Cepu Limited (). Dalam kesempatan itu, para karang taruna diberi pemaparan materi dari Humas , Ichwan Arifin, terkait profil singkat perusahaan, program kemasyarakatan, serta pentingnya energi bagi negeri dan kehidupan.

“Kami merasa bangga dan terhormat dengan kedatangan para pemuda lokal tuan rumah yang telah membantu kami dalam melakukan pengawasan di wilayah jalur pipa," ucap Ichwan.

Usai diberi sekilas materi, para karang taruna kemudian diajak melihat langsung fasilitas produksi. Perwakilan karang taruna, Mustakim, mengaku senang dapat memasuki area pengoperasian produksi migas Lapangan Banyu Urip.

"Kami sangat berterima kasih kepada , sehingga kita semua bisa mengenal proyek negara ini lebih dekat," ujar Ketua Kartar Desa Sumbertlaseh tersebut.

Kunjungan karang taruna dari delapan desa tersebut merupakan peserta program pemberdayaan karang taruna dan edukasi obvitnas di jalur pipa. Selama mengikuti program ini, para pemuda didampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ademos Bojonegoro dan Srikandi Tuban.

Bersama kedua LSM tersebut, para anggota karang taruna belajar tentang keorganisasian, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Mereka juga melakukan studi banding ke karang taruna terbaik nasional di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

"Alhamdulillah kita lihat modal usaha dan pelatihan kewirausahaan yang kita berikan mereka kembangkan dengan baik," tambah Ichwan.

Ichwan menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk apresiasi kepada karang taruna atas segala upaya positif dalam mengembangkan diri mereka. "Kita berharap programnya berkelanjutan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat," tutupnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO