Segera Asuh Bayinya, Terdakwa Pengguna Narkoba Anak di bawah Umur di Jombang Divonis 5 Bulan

Segera Asuh Bayinya, Terdakwa Pengguna Narkoba Anak di bawah Umur di Jombang Divonis 5 Bulan NN saat menggendong bayinya sebelum mengikuti sidang perdana di PN Jombang, Selasa (8/11). foto : RONY S/BANGSAONLINE.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Seorang terdakwa pengguna Narkoba berinisial NN (17) yang baru melahirkan Sabtu (5/11) lalu segera bisa merawat bayinya. Itu setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) menjatuhkan vonis hukuman kurungan hanya 5 bulan penjara kepada warga Kelurahan Kepatihan, Kecamatan itu saat sidang putusan, Rabu (9/11) siang.

Beni Hendro Yulianto, kuasa hukum NN mengatakan, pihaknya awalnya mengajukan permohonan agar NN bisa merawat bayi laki-lakinya. Namun, permintaan tersebut tidak dikabulkan hakim. "Pertimbangannya adalah klien kami butuh kesempatan untuk merawat bayinya. Selain itu, bayinya masih membutuhkan ASI klien kami," katanya kepada Bangsaonline.

Meski begitu Beni bersyukur NN mendapat keringanan hukuman jauh dari anacaman yang biasanya minimal 4 tahun penjara. "Iya, setelah dipertimbangkan, kami beserta keluarga terdakwa menerima putusan sidang," tandasnya.

Terpisah, Yunita Hendarwati, Hakim Anak PN menyatakan, setelah pihaknya memperhatikan berbagai pertimbangan, sebelum membacakan putusan. Kendati tergolong anak, perkara yang menjerat terdakwa, merupakan delik narkotika. Sehingga, permohonan kuasa hukum tidak dikabulkan.

"Dalam menjalani pembinaan bayi terdakwa dikembalikan kepada pihak keluarga. Putusan kami hanya berkurang 3 bulan dari tuntutan Jaksa yang menuntut 8 bulan kurungan penjara,” tandasnya.

Seperti diketahui, NN ditangkap polisi karena kedapatan menggunakan narkoba di Jl Teuku Umar dalam keadaan hamil beberapa waktu lalu. Anak yang dikandung NN lahir di RSUD , Sabtu (5/11).

NN menjalani hukuman dalam keadaan hamil di Lapas kelas IIB sejak Kamis (20/10) lalu. Tepat pada Sabtu (5/11) lalu terdakwa ini dibawa ke RSUD karena perutnya mengalami kontraksi. Saat mendapat perawatan dari tim medis di rumah sakit plat merah itu, NN melahirkan anak laki-lakinya.

Proses persalinan usai, NN kemudian digelandang kembali ke ruang tahanan. Sementara sang bayi harus dirawat orang tua NN di rumah. Dengan demikian, NN terpaksa harus berpisah dengan sang bayi karena harus menjalani penahanan. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO