Selasa, 10 Desember 2019 11:23

Tingkatkan Pelayanan, Perspusda Banyumas Perbanyak Fasilitas

Rabu, 12 Oktober 2016 21:21 WIB
Wartawan: Dicky Edyano
Tingkatkan Pelayanan, Perspusda Banyumas Perbanyak Fasilitas

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan daerah yang dikelola oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pepusarda) Kabupaten Banyumas terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung.

Hal ini terlihat dari peningkatan fasilitas yang menunjang berupa dengan fasilitas ruang lobi, ruang pelayanan, penitipan barang, pelayanan kartu anggota, ruang pelayanan khusus anak dan ruang baca yang dilengkapi dengan full AC dan diperuntukkan untuk umum, anak-anak, pelajar dan dewasa. Selain itu juga tersedia Spot Area (Internet online) gratis sebagai layanan tambahan.

Kepala Perpusarda MW Noor Sigit, SH, MH kepada Bangsaonline, Rabu (12/10) mengatakan bahwa pada tahun ini semua fasilitas akan dapat dinikmati para pengunjung.

“Saat ini kita baru penataan, karena bangunan baru selesai dan diserahkan tanggal 31 Desember, sambil kita menunggu tambah daya listrik yang pada akhir bulan Januari baru mau disambung PLN,” katanya.

Noor Sigit melanjutkan, gedung perpustakaan lantai II yang baru selesai dibangun akan dilengkapi fasilitas ruang office theatre, ruang koleksi khusus Banyumas, buku langka, koleksi khusus braile, ruang terbitan berseri, koleksi digital, klinik pustaka dan ruang jaringan kerjasama perpustakaan akan semakin melengkapi fasilitas dan kenyamanan para pengunjung.

“Ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan dan meningkatkan minat baca masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan Dra Pindah Listiyani mengatakan bahwa dari tahun ke tahun kunjungan ke Perpustakaan semakin meningkat. Pada tahun 2013 jumlah pengunjung rata-rata sebanyak 150 orang per hari, tahun 2014 mencapai 200 orang per hari. Ini dari pengunjung yang mengisi buku kunjungan karena ada pengunjung yang enggan mengisi buku,” kata Pindah.

Selain memberi layanan menetap di kantor, juga ada layanan keliling dengan menggunakan layanan 2 Unit Mobil dan 1 Unit Motor perpustakaan keliling yang melayani masyarakat yang jauh dan tidak terjangkau oleh layanan di kantor. Mobil dan motor perpustakaan keliling ini beroperasi sesuai dengan jadwal dan permintaan masyarakat.

“Kita sudah memberi pelayanan keliling di hari Minggu di Komplek GOR, Tempat Wisata, Pesantren dan Panti Asuhan secara bergantian atau sesuai permintaan,” lanjut Pindah.

Sedangkan Pustakawan Fuad Zain Arifin, S.Pd saat memberi penjelasan pada siswa SD Islam Al Izzah mengatakan perpustakaan ini terdapat koleksi buku lebih dari 25 ribu buku. Selain itu tersedia juga koleksi media lainnya seperti surat kabar, majalah, buletin, tabloid dan lainnya. Pengunjung dapat membaca di tempat bermacam koleksi buku, termasuk koleksi langka, Ensiklopedia, undang-undang, dan buku-buku referensi lainnya.

“Khusus koleksi tipe ini bisa tidak boleh dipinjam, walaupun anggota Perpustakaan,” kata Fuad.

Syarat peminjaman, pengunjung harus menjadi anggota terlebih dahulu. “Syaratnya menyerahkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar). Keanggotaan berlaku 1 tahun dan dapat diperpanjang. Anggota diperkenankan meminjam (GRATIS) maksimal 2 buku selama 1 minggu, jika mau diperpanjang bisa laporan ke Perpustakaan dulu” pungkasnya. (bym1/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...