Mahasiswa Unwaha Jombang Belajar 'Jujur' Pada Pelajar Jepang

Mahasiswa Unwaha Jombang Belajar Ratusan mahasiswa Unwaha saat ikut stadium general, Sabtu (16/9). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan mahasiswa (Universitas Wahab Chasbullah) Jombang diajak belajar tentang "kejujuran" kepada dua mahasiswa asal Jepang Society for Promotion of Science (JSPS). Untuk itu, pihak rektorat mendatangkan dua aktivis mahasiswa asal negeri matahari terbit itu untuk menjadi pembicara dalam kegiatan stadium general di kampus , Sabtu (16/9).

Dalam pantauan Bangsaonline, dua mahasiswa asal Jepang yaitu Yuka Tsushima dan Yoshikata Waki berada di panggung pembicara aula kampus tersebut. Sedangkan ratusan mahasiswa memenuhi ruangan pertemuan sebagai audien kegiatan.

Anton Muhibiddin, Rektor Jombang mengatakan, dua mahasiswa asal Jepang yang dihadirkan merupakan tokoh-tokoh pemuda yang patut diteladani mahasiswa dalam kiprahnya membangun bangsa dan negara. "Dua mahasiswa itu sudah banyak prestasinya. Seperti itulah seharusnya mahasiswa memberikan kontribusi positif terhadap bangsanya," katanya kepada awak media.

Ia berharap, kehadiran dua mahasiswa Jepang itu untuk mempererat pertukaran budaya positif. Semisal kedisiplinan, kejujuran, dan penelitian yang menjadi budaya di Jepang.

"Penanaman nilai kejujuran di sana (Jepang, red) sangat bagus sekali. Sekalipun berbuat salah, di sana tetap disampaikan atau diakui yang sebenarnya. Jujur inilah yang pantas ditularkan anak-anak Jepang kepada mahasiswa kami," ujar Anton.

Selain menghadirkan dua mahasiswa tersebut, Mayjend (purn) Noor Aman, Ketum BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) dan Gatot Indoyono, Staf Khusus Kepala Pusat Kerawanan dan Ketahanan Pangan Departemen Pertanian juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO