Selasa, 10 Desember 2019 03:58

Mahasiswa Undar Kembali Demo, Ruang Kelas dan Fakultas Disegel

Senin, 11 Maret 2019 18:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ronny Suhartomo
Mahasiswa Undar Kembali Demo, Ruang Kelas dan Fakultas Disegel
Mahasiswa saat berkeliling menyegel satu per satu ruang kelas dan fakultas.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan Mahasiswa Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Jawa Timur, kembali menggelar aksi demo di kampusnya, Senin (11/03/19). Aksi ini menyusul terbengkalainya proses perkuliahan, menyusul adanya persoalan internal unsur pimpinan kampus sejak April 2018 lalu.

Dalam aksinya, mahasiswa yang berasal dari lintas fakultas ini juga menyegel seluruh kantor yayasan dan rektorat sebagai bentuk kekesalan. Demikian ini karena tidak ada itikad baik dari pihak yayasan dalam menyelesaikan perseteruan tim senat dengan pihak yayasan.

Koordinator aksi, Achmad Alfan berharap, kedua belah pihak bisa menyelesaikan persoalan secara profesional tanpa mengorbankan mahasiswa. Mahasiswa mendesak agar yayasan dan senat Undar segera islah.

Pasalnya, konflik yang berkepanjangan tersebut merugikan mahasiswa. Perkuliahan terhenti, wisuda sarjana gagal digelar. Bahkan hingga saat ini kampus yang beralamat di Jalan Gus Dur itu belum memiliki rektor definitif.

"Kami mendesak agar yayasan dan senat Undar segera islah, tapi salah satu tidak ada yang mau, sampai sekarang. Terpaksa kita harus memboikot kampus ini karena kami ingin Undar ini berjalan kondusif," kata Alfan.

Dalam aksinya, para mahasiswa ini berkeliling kampus sambil menenteng spanduk berisi tuntutan, berhenti di setiap fakultas. Selanjutnya, mereka menyegel kantor fakultas berikut ruang kuliahnya.

Berbekal potongan kayu, mereka kemudian memasang secara melintang tepat pada bagian daun pintunya serta memasang kertas bertuliskan “Ruangan ini diboikot”.

Selain itu, mereka juga meminta karyawan yang kebetulan berada di dalam ruangan tersebut untuk meninggalkan ruangan.

Ruangan fakultas yang disasar mahasiswa meliputi Fisipol, Pertanian, Psikologi. Selain itu juga ruang BAU (Biro Administrasi Umum), serta beberapa ruangan lainnya.

Sejumlah banner yang berisi pengunumuan di pintu gerbang kampus tak luput dari sasaran mahasiswa. Aksi ini kemudian dilanjutkan ke gerbang utama kampus. Hal serupa juga mereka lakukan di gerbang tersebut. Mahasiswa juga memasang tulisan “Kampus ini diboikot”.

Sejumlah karyawan dan petugas keamanan kampus tak bisa berbuat banyak. Mereka memilih bergerombol di parkiran karena ruangannya disegel. Mahasiswa berjanji akan melakukan aksi serupa jika tuntutannya tidak direspon.

"Kami sudah melakukan beberapa kali aksi, tapi tidak pernah digubris, Boikot akan berlanjut jika tidak ada tanggapan," ungkapnya.

Terpisah, pihak yayasan Undar hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi. Sekretaris Yayasan Undar, Ali Sukamtono hingga saat ini belum memberikan jawaban saat dihubungi melalui ponselnya. (ony/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...