Museum Mpu Tantular Bisa Digunakan untuk Bersantai

Museum Mpu Tantular Bisa Digunakan untuk Bersantai Satu keluarga memanfaatkan Museum Mpu Tantular untuk refreshing dan menghilangkan penat. foto: faratiti dewi/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Museum Mpu Tantular menjadi wahana wisata pendidikan yang ternyata bisa digunakan untuk bersantai, mengingat tempatnya yang tenang dan asri.

Bahkan, pemasukan museum dari tiket terus meningkat. “Dua tahun lalu, kita menargetkan Rp 75 juta, tahun lalu menargetkan Rp 80 juta, dan tahun ini menargetkan Rp 90 juta. Keduanya sudah bisa tercapi, dan tahun berjalan ini, sudah meraup Rp 80 juta. Amat besar kemungkinan target tahun ini juga akan tercapai. Kita juga kadang ada event yang menggratiskan pengunjung,” kata Edy, kepala Museum.

“Kita mempunyai cara khusus untuk meningkatkan pengunjung yaitu dengan publikasi ke sekolah-sekolah, mengadakan peragaan, promosi ke sekolah, mengadakan lomba, mengadakan pameran, mengadakan festival, mengadakan seminar, lomba majalah dinding dll. Dan itu diadakan setiap bulan secara bergantian” ungkap Edi.

Dan, museum pun bisa digunakan bersantai dengan keluarga, karena suasananya tenang dan nyaman. Bisa bersantai, tapi dibarengi dengan belajar sejarah.

Pihaknya juga mengaku memiliki perawatan khusus untuk benda-benda di museum. “Kami gunakan bahan kimia dan herbal untuk merawat koleksi museum,” kata dia.

Sejarahnya, Museum Mpu Tantular dirintis tahun 1922, dan di tahun 1933 baru terwujud. Sedangkan pembukaannya secara resmi tanggal 25 Juni 1937. (faratiti dewi/UTM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO