Gagal Lihat Hilal, Saudi Ber-Idul Adha 12 September, AS Bertepatan Tragedi 11 September

Gagal Lihat Hilal, Saudi Ber-Idul Adha 12 September, AS Bertepatan Tragedi 11 September Getty Images/tribunenews.com

RIYADH, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Saudi Arabia menetapkan puncak ritual haji 10 Dzulhijah yang berarti 12 September 2016. Ini berarti di negeri petro dolar itu bersamaan dengan waktu di Indonesia.

Al Jazeera melaporkan, Jumat (2/9), bahwa otoritas Saudi tak berhasil melihat hilal pada 1 September 2016 kemarin. Dengan demikian, 1 Dzulhijah jatuh pada Sabtu 3 September dan tanggal 10 Dzulhijah berlangsung pada 12 September.

Momen ini bersamaan dengan di Indonesia. Pemerintah dalam sidang isbat sudah memastikan jatuh pada 12 September 2016.

Di (AS) tahun ini akan jatuh pada 11 September 2016. Banyak kaum muslim di AS merasa takut jika terjadi kesalahpahaman di mana kaum anti-Islam akan mengaitkan perayaan dengan pesta memperingati Serangan 11 September 2001.

Menurut kalender Hijriyah umat Islam, perayaan jatuh bertepatan dengan tanggal serangan pembajak dari kelompok militan Islam, Al-Qaeda pada 11 September 2001 lalu.

Para pembajak sengaja menabrakkan dua pesawat ke menara kembar World Trade Center di New York City dan Pentagon yang menewaskan sekitar 3.000 jiwa.

Dan di saat umat muslim di Amerika mempersiapkan diri untuk merayakan "Hari Raya Qurban".

Muncul kekhawatiran di kalangan komunitas Muslim jika nantinya kaum anti-Islam salah menafsirkan perayaan sebagai perayaan memperingati serangan 9/11 ke-15 tahun.

Sumber: detik.com/tribunews.com

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO