Pebulutangkis Banyumas Sumbang Emas di Olimpiade Rio

Pebulutangkis Banyumas Sumbang Emas di Olimpiade Rio Tontowi Ahmad

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Pe asal Banyumas Tontowi Ahmad yang berpasangan dengan Liliyana Natsir memberi kado indah di hari kemerdekaan Indonesia. Pasangan ganda campuran tersebut menyabet emas Olimpiade 2016 setelah mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-14 dan 21-12.

Menurut ayah Tontowi, Muhammad Husni mengubah ritualnya. "Sebelum partai ini, saya yang penting mendoakan, saat Owi main, saya selalu khusyu berdoa. Malah jarang nonton pertandingannya. Kalau nonton pun tidak full. Tapi pada final Olimpiade 2016 ini, saya memaksakan diri untuk nonton. Nyong ngadek ngarep TV," kata Husni pada Bangsaonline (18/8) di kediamannya di Desa Selandaka, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

Dia sangat bersyukur anaknya bisa mendapatkan medali emas berpasangan dangan Liliyana Natsir, telepon Husni pun mendadak berdering. "Dari Owi," katanya.

Tak lama Husni menerima telepon. "Owi cuma bilang. 'hallo... pak, Owi menang...arep munggah panggung'. Sudah bilang itu saja, terus telepon ditutup," kata Husni.

Sementara itu, masuknya Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ke final Olimpiade 2016 berimbas pada euforia di Desa Selandaka, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Maklum saja, Selandaka adalah desa asal Tontowi Ahmad.

Euforia itu terlihat di Balai Desa Selandaka. Sebanyak 50 orang nonton bareng final Olimpade cabang ganda campuran, Rabu (17/8) malam sampai Kamis (18/8) dinihari. Malam yang dingin tak menyurutkan warga untuk mendukung Tontowi/Liliyana.

Sorak-sorai bergema jika Tontowi/Liliyana mendapatkan poin. "Ini yang menonton adalah warga sini dan mahasiswa yang KKN di Selandaka. Semua antusias melihat aksi Tontowi/Liliyana," kata Kepala Desa Selandaka, Mughofir pada Bangsaonline. Mereka menyorakkan yel-yel, Indonesia! Selandaka!

ini adalah kali pertama nonton bareng di balai desa. "Sebelumnya, kalau nonton bareng partai Tontowi di halaman rumahnya Tontowi," ujarnya.

Sekadar diketahui, Tontowi memang asli Kemranjen. Dia menghabiskan masa kecil di Selandaka.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO