Tuntut Penutupan Tambang Ilegal, PMII Situbondo Demo Pemkab, Polres dan DPRD

Tuntut Penutupan Tambang Ilegal, PMII Situbondo Demo Pemkab, Polres dan DPRD Puluhan Aktivis PMII Situbondo dikawal ketat Polisi saat demo di depan Pendopo Kabupaten. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Puluhan aktivis dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Situbondo, Kamis (4/8) menggelar aksi unjuk rasa menuntut pihak yang berwenang di Situbondo menutup aktivitas tambang ilegal.

Dalam orasinya, mereka menuntut penegakan hukum atas maraknya penambang ilegal yang merugikan masyarakat dan merusak lingkungan serta tidak mempunyai kontribusi sama sekali terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Situbondo.

“PMII Cabang Situbondo meminta kepada Bupati, DPRD dan Kapolres tidak tutup mata terhadap maraknya penambang liar di Situbondo dan harus segera mengambil tindakan tegas terhadap mereka," teriak Kordinator aksi Anis Muqaddas.

Pantauan BANGSAONLINE, puluhan massa PMII bergerak dari kantornya di jalan Seroja Kelurahan Dawuhan menuju Pemkab Situbondo sambil bernyanyi lagu darah juang dan meneriakkan yel yel pergerakan. Mereka dikawal ketat aparat kepolisian. Sesampainya di kantor Pemkab, massa langsung berorasi dan membentangkan sejumlah poster.

Dalam aksi ini, mereka memaksa untuk masuk ke dalam kantor pemkab. Massa yang terus meringsek semakin memanaskan suasana hingga nyaris terjadi gesekan antara massa dan aparat.

Tak mau massa anarkis Kepala Satpol PP Situbondo, Agung Wintoro menemui para mahasiswa untuk menjelaskan bahwa Bupati tidak ada di tempat. Namun massa tidak percaya dan langsung bergerak ke Pendopo kabupaten, namun usaha mahasiswa itu untuk bertemu dengan Bupati juga pupus.

Setelah berorasi lama di pendopo mereka langsung bergerak ke Mapolres untuk bertemu dengan Kapolres Situbondo. Namun di Mapolres aktivis PMII itu juga tidak ditemui, karena Kapolres sedang berada di luar daerah.

Dalam orasinya di depan Mapolres, meminta agar polisi menutup tambang-tambang ilegal di Situbondo dan menyita alat berat yang digunakan untuk membuat efek jera pada para penambang nakal.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO