Kasus Pendeta Ruth Ewin: FKUB Datangi Gereja YHS, Warga Sekitar Tolak Keberadaan Gereja

Kasus Pendeta Ruth Ewin: FKUB Datangi Gereja YHS, Warga Sekitar Tolak Keberadaan Gereja foto: TRI SUSANTO/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSANOLINE.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Blitar akhirnya melakukan verifikasi gereja Yakin Hidup Sukses (YHS) yang terletak di jalan Cemara Kelurahan Karangsari Kota Blitar. Verifikasi dilakukan menanggapi aduan dari masyarakat setempat yang keberatan dengan keberadaan gereja tersebut. Aduan itu terkait munculnya video yang diunggah di Youtube yang berisi ceramah gereja YHS, Ruth Ewin yang dinilai melecehkan umat muslim. (BACA: -ruth-ewin-blitar-jawa-timur-akui-telah-berbohong" style="background-color: initial;">Ngaku Cucu Kiai Tebuireng, Pendeta Ruth Ewin Blitar Jawa Timur Akui Telah Berbohong)

Sayangnya saat pihak FKUB bersama warga setempat mendatangi gereja YHS, tidak ada satu pun perwakilan gereja yang menemui. Alasannya para pengurus sedang beribadah. Hanya terlihat tiga petugas kepolisian yang berjaga-jaga di gereja.

"Sejauh ini belum ada rekomendasi untuk menggunakan bangunan sebagai tempat ibadah dari FKUB," jelas Prasetyo, ketua tim verifikasi tempat ibadah FKUB kota Blitar, Minggu (17/7).

Prasetyo menjelaskan, semua harus mematuhi peraturan yang ada. Termasuk jika akan menggunakan bangunan sebagai tempat ibadah.

Untuk diketahui, bangunan yang digunakan sebagai gereja YHS saat ini juga bermasalah. Pasalnya bangunan tersebut peruntukan awalnya bukan untuk tempat ibadah. Sedangkan penggunaan bangunan sebagai tempat ibadah, harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah dalam hal ini wali kota melalui camat berdasarkan rekomendasi dari FKUB, kantor kementerian agama setempat dan juga kelurahan mewakili warga setempat.

(BACA: -ruth-ewin-masuk-delik-umum-aliansi-umat-islam-datangi-polres-blitar-kota" style="background-color: initial;">Kasus Pendeta Ruth Ewin Masuk Delik Umum, Aliansi Umat Islam Datangi Polres Blitar Kota)

FKUB sendiri dalam waktu dekat akan segera melakukan rapat untuk memutuskan akan memberikan rekomendasi kepada gereja YHS atau tidak. (BACA: -ruth-ewin-ngaku-ngaku-cucu-kiai-tebuireng" style="background-color: initial;">Tanggapan Gereja soal Kebohongan Pendeta Ruth Ewin Ngaku-ngaku Cucu Kiai Tebuireng)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO