Senin, 20 Mei 2019 20:43

Wabup Gresik Hadiri Syukuran Sedekah Bumi di Balongpanggang

Rabu, 13 Juli 2016 11:54 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wabup Gresik Hadiri Syukuran Sedekah Bumi di Balongpanggang
Wabup Moh Qosim ketika hadiri sedekah bumi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wabup Gresik, Moh. Qosim menghadiri puncak acara syukuran sedekah bumi di Dusun Karangwungu Desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang, Selasa (12/7), malam. Ia tidak sendiri, melainkan didampingi sejumlah pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Camat Balongpanggang, Nuryadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat desa setempat terhadap hasil panen yang melimpah.

“Alhamdulillah hasil panen tahun ini di desa kami sangat melimpah. Oleh sebab itu, kami adakan sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur kami terhadap Allah SWT,” ujar Nuryadi.

Tidak hanya itu, lanjut Nuryadi, juga diadakan arak-arakan hasil pertanian oleh masyarakat setempat dan antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam perayaan sedekah bumi tersebut.

Suasana guyub nampak terlihat ketika Wabup tidak canggung-canggung duduk berbaur bersama masyarakat desa setempat dan dihibur oleh kesenian reog sebagai wujud kepedulian tinggi terhadap pelestarian seni dan budaya asli Jawa Timur.

Karena masih dalam momen 1 Syawal, Wabup juga berkesempatan mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1347 H di hadapan ratusan masyarakat yang memadati lapangan Desa Mojogede.

Menurut Wabup, kegiatan seperti ini sudah ada sejak lama, bahkan puluhan tahun silam. Ia berharap kegiatan ini terus dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan tradisi yang dilestarikan keberadaannya.

“Mudah-mudahan masyarakat petani yang ada di seluruh Gresik pada umumnya dan di Desa Mojogede pada khususnya agar tetap selalu mendapatkan keberhasilan,” jelasnya.

Wabup berpesan kepada masyarakat agar senantiasa menjalin persaudaraan, kerukunan dan kekompakan, sehingga nantinya menciptakan suasana yang damai dan tenteram.

“Keberhasilan pembangunan dan pemerintahan di Gresik tidak luput dari peran masyarakat yang mengedepankan kerukunan dan persaudaraan, begitupun juga antara saya dengan Pak Sambari, selalu kompak dan guyub dalam mengawal pemerintahan,” pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...