Rabu, 24 Juli 2019 08:24

Wabup Gresik Hadiri Syukuran Sedekah Bumi di Balongpanggang

Rabu, 13 Juli 2016 11:54 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wabup Gresik Hadiri Syukuran Sedekah Bumi di Balongpanggang
Wabup Moh Qosim ketika hadiri sedekah bumi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wabup Gresik, Moh. Qosim menghadiri puncak acara syukuran sedekah bumi di Dusun Karangwungu Desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang, Selasa (12/7), malam. Ia tidak sendiri, melainkan didampingi sejumlah pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Camat Balongpanggang, Nuryadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat desa setempat terhadap hasil panen yang melimpah.

“Alhamdulillah hasil panen tahun ini di desa kami sangat melimpah. Oleh sebab itu, kami adakan sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur kami terhadap Allah SWT,” ujar Nuryadi.

Tidak hanya itu, lanjut Nuryadi, juga diadakan arak-arakan hasil pertanian oleh masyarakat setempat dan antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam perayaan sedekah bumi tersebut.

Suasana guyub nampak terlihat ketika Wabup tidak canggung-canggung duduk berbaur bersama masyarakat desa setempat dan dihibur oleh kesenian reog sebagai wujud kepedulian tinggi terhadap pelestarian seni dan budaya asli Jawa Timur.

Karena masih dalam momen 1 Syawal, Wabup juga berkesempatan mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1347 H di hadapan ratusan masyarakat yang memadati lapangan Desa Mojogede.

Menurut Wabup, kegiatan seperti ini sudah ada sejak lama, bahkan puluhan tahun silam. Ia berharap kegiatan ini terus dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan tradisi yang dilestarikan keberadaannya.

“Mudah-mudahan masyarakat petani yang ada di seluruh Gresik pada umumnya dan di Desa Mojogede pada khususnya agar tetap selalu mendapatkan keberhasilan,” jelasnya.

Wabup berpesan kepada masyarakat agar senantiasa menjalin persaudaraan, kerukunan dan kekompakan, sehingga nantinya menciptakan suasana yang damai dan tenteram.

“Keberhasilan pembangunan dan pemerintahan di Gresik tidak luput dari peran masyarakat yang mengedepankan kerukunan dan persaudaraan, begitupun juga antara saya dengan Pak Sambari, selalu kompak dan guyub dalam mengawal pemerintahan,” pungkasnya. (hud/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...