Jelang Lebaran, PU Bina Marga Sidoarjo Kebut Perbaikan Jalan Jalur Mudik

Jelang Lebaran, PU Bina Marga Sidoarjo Kebut Perbaikan Jalan Jalur Mudik DITAMBAL: Perbaikan jalan rusak yang dilakukan PU Bina Marga Sidoarjo di ruas jalan Bulang-Prambon, beberapa bulan lalu. foto: ilustrasi/ MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas PU Bina Marga Kabupaten berupaya agar sejumlah ruas jalan yang dilalui arus mudik dan balik Lebaran dalam kondisi baik. Perbaikan sejumlah ruas jalan sedang dikebut agar siap dilalui para pemudik saat mudik menjelang lebaran pada Juli mendatang.

"Ada beberapa ruas jalan yang perencanaannya peningkatan jalan, kita tangani dengan pekerjaan pemeliharaan agar nantinya saat mudik dan balik dalam kondisi baik," cetus Kepala Dinas PU Bina Marga , H Ir Sigit Setyawan, MMT, saat dihubungi BangsaOnline, Selasa (14/6).

Upaya penanganan dengan pemeliharaan, karena proses lelang pekerjaan peningkatan jalan tengah berlangsung.

Sementara penanganan perbaikan jalan rusak harus segera dilakukan agar kondisinya baik untuk arus mudik dan balik Lebaran. "Makanya ditangani dengan pekerjaan pemeliharaan secara swakelola," jlentreh mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) ini.

Beberapa ruas jalan yang ditangani dengan sistem pemeliharaan agar siap dipakai mudik dan balik Lebaran, kata Sigit, di antaranya ruas Porong-Krembung, Krembung-Bulang, Bulang-Prambon, dan Gedangan-Betro.

Ruas jalan tersebut selama ini memang kerap dilalui pemudik karena sebagai jalur alternatif menuju Mojokerto dan Malang. " memang sebagai daerah perlintasan baik menuju Mojokerto, Malang dan Banyuwangi," tandas Sigit Setyawan.

Kata Sigit, pada dasarnya, Pemkab melaksanakan penanganan jalan berdasarkan perencanaan yang sudah dibuat dan dirumuskan dalam bentuk DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran).

Katanya, perencanaan tersebut untuk kurun waktu satu tahun, Januari-Desember. Dengan adanya budaya masyarakat Indonesia saat Idul Fitri, yakni budaya mudik, maka penanganan jalan yang dilaksanakan sekitar bulan Ramadan, harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

Masih kata Sigit, semua ruas jalan di Kabupaten , pada saat mudik dan balik Lebaran, selalu dipadati pengguna jalan, baik mudik lokal, regional dan nasional, sehingga Pemkab harus memantau kondisi jalan agar dalam kondisi baik. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO