Harkitnas Malang: Perbarui Semangat Trisakti

Harkitnas Malang: Perbarui Semangat Trisakti

MALANG, BANGSAONLINE.com - Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016 yang digelar di halaman Pendopo Kabupaten Malang, di Jalan Panji 158 Kepanjen, Jumat (20/5) berjalan khitmat. Hadir pada upacata tersebut antara lain, unsur Forpinda, Polri, TNI, guru, pegawai pemerintahan, perwakilan organisasi wanita dan pelajar.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM. Sedangkan komandan upacara, Kepala Badan Pertanahan, Abai Shaleh, S. Sos, Korsik dari Satsik (satuan Korsik) Militer Tipe B Ajendam V/Brawijaya, dan tim paduan suara dari siswa siswi SMPN 4 Kepanjen.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, yang dibacakan Inspektur upacara disampaikan, seperti halnya tema yang diangkat dalam ke-108 tahun 2016, yakni “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter”. “Kita ingin menunjukan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter,”ujar dia.

Proklamator dan presiden pertaman RI, Ir Soekarno pernah menekankan tentang pentingnya membangunan karekter bangsa. Menurut Beliau “membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan, adalah pertama-tama dan pada tahap utamanya, membangun jiwa bangsa.

“Demikian juga tentang pentingnya kerja nyata kita, Bung Karno berpesan bahwa “Amal semua buat kepetingan semua. Keringat semuat buat kebahagiaan semua. Holopis kuntul baris buat kepentingan semua,”ujar Wakil Bupati membacakan sambutan.

Diakhir sambutan, wakil bupati juga ingin memperbarui semangat Trisakti. Trisakti saat ini berarti berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. “Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini Insya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif di kancah internasional,” tutup Wabup. (thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO