Bupati Malang Hadiri Simulasi Antisipasi Bencana Semeru

Bupati Malang Hadiri Simulasi Antisipasi Bencana Semeru

MALANG, BANGSAONLINE.com Dr. H. Rendra Kresna menghadiri latihan penanggulangan bencana alam erupsi gunung semeru di halaman Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0818 Kabupaten Malang-Batu, Kamis (12/5).

Latihan dengan sandi ‘Baladhika Siaga-16’ tersebut dilaksanakan selama 3 hari (10-12 Mei 2016) dengan menitikberatkan bagaimana cara bertindak dan mekanisme tentang penanganan khususnya bencana erupsi letusan gunung semeru yang diikuti masing-masing satuan tugas di jajaran Kodim 0818.

Rendra Kresna dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 0818 yang sudah melaksanakan kegiatan latihan penanggulangan bencana erupsi letusan gunung semeru.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Berbicara tentang Kabupaten Malang adalah memang daerah yang rawan bencana alam, baik itu bencana gunung meletus, tanah longsor, banjir, dan tsunami. Maka saya berharap dengan adanya bentuk pelatihan seperti ini, jika terjadi bencana sewaktu-waktu kita akan siap,” terangnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Riksani Gumay dalam paparannya menjelaskan bagaimana peran Kodim 0818 dalam menghadapi bencana erupsi letusan gunung semeru.

"Saya diberi tugas langsung menjadi Komandan satuan tugas penanggulangan bencana yang sudah ditunjuk oleh Danrem 083. Dalam menghadapi bencana kami mempunyai tugas dan prosedur tetap (protap) yang telah ditentukan dengan baik dan benar oleh Komando atas. Ada tiga tahap penanggulangan yang sudah kami rencanakan, yang pertama tahap pra bencana, yang kedua tahap tanggap darurat dan yang ketiga tahap pasca bencana,” paparnya

Ia juga menjelaskan, sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah daerah sangat diperlukan manakala terjadi sebuah bencana. 

"Karena kunci keberhasilan penanganan bencana ini adalah pola koordinasi yang baik, sehingga dengan koordinasi yang baik dilapangan bahaya bencana alam yang datang dapat ditangani secara baik dengan harapan meminimalisasi korban,” harapnya.

Pada kesempatan pelatihan tersebut, Dandim bersama Bupati diajak langsung bersimulasi penanganan bencana erupsi letusan gunung Semeru dengan menggelar agenda rapat koordinasi yang menghadirkan berbagai unsur peserta rakor seperti dari Yon Zipur, BPBD, PMI, LSM, Relawan, Camat dan tokoh masyarakat Kabupaten Malang. (thu/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO