Sabtu, 19 September 2020 23:18

Tommy Soeharto Maju Caketum Partai Golkar, Iurannya Rp 1 M, Akbar: Tommy harus Serius

Senin, 02 Mei 2016 23:21 WIB
Tommy Soeharto Maju Caketum Partai Golkar, Iurannya Rp 1 M, Akbar: Tommy harus Serius
Tommy Soeharto

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Panita pengarah Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar telah menyebar 11 undangan kepada kandidat calon ketua umum, salah satunya putra mantan Presiden Soeharto, yaitu Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

"Komite etik sudah menyerahkan undangan sejak dua hari lalu," kata anggota Steering Committee Partai Golkar, Andi Sinulingga, Senin (2/5).

Meski belum pernah mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum, diakui Andi, Tommy telah berkomunikasi dengan panitia pengarah terkait rencana pencalonan tersebut.

"Dia komunikasi dengan Ketua SC dan dia mau maju juga," ujarnya.

Selain Tommy, sepuluh orang lain yang juga diundang yakni Ade Komarudin, Setya Novanto, Airlangga Hartarto, Idrus Marham, Aziz Syamsudin, Mahyudin, Syahrul Yasin Limpo, Indra Bambang Utoyo, Priyo Budi Santoso, dan Wati Amir.

"Wati Amir dari KPPG. Beliau kami undang, tapi belum tahu apakah besok hadir atau tidak saat pendaftaran," kata dia.

Munaslub Partai Golkar rencananya akan digelar di Bali pada 23 Mei mendatang. Munaslub ini awalnya sempat tertunda dengan berbagai alasan hingga akhirnya Kementerian Hukum dan HAM mengesahkan kepengurusan baru partai berlambang pohon beringin itu.

Kepengurusan baru yang disahkan adalah hasil rekonsiliasi antara kubu Aburizal Bakrie dan Agung Laksono yang lebih dari satu tahun ini berkonflik. Surat keputusan itu berlaku hingga tahun 2019.

Meski memiliki jangka waktu yang panjang, Aburizal yang menjadi Ketua Umum Partai Golkar menyatakan tetap akan menyelenggarakan Munaslub Golkar dengan agenda memilih ketua umum baru.

Menanggapi majunya Tommy Soeharto, tokoh Partai Golkar Akbar Tandjung meminta putra bungsu mantan Presiden Soeharto itu menunjukkan kesungguhannya bila memang ingin maju sebagai bakal calon ketua umum Partai Golkar di ajang Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar Mei ini.

“Saya dengar beliau (Tommy) akan maju. Dia kan kader Golkar juga. Kalau mau maju sebagai calon ketua umum harus menunjukkan keseriusannya, kesungguhannya,” ujar Akbar.

Akbar menyatakan sebagai bentuk kesungguhan, Tommy sudah harus menyiapkan konsep-konsep, ide atau gagasan dari pemikirannya untuk membawa Partai Golkar pada kemajuan.

“Partai Golkar dalam beberapa tahun ini sedang merosot. Kekalahan di pemilu-pemilu harus menjadi perhatian Tommy. Beliau mesti bisa membuat Golkar menjadi pemenang di pilkada, pileg, dan juga pilpres,” tutur Akbar.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menekankan bahwa Tommy harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengeluarkan Golkar dari keterpurukan akibat konflik internal yang terjadi selama setahun lebih.

Akbar mengatakan jika Tommy bisa membuktikan keseriusan maka bakal mendapat dukungan dari kader-kader Golkar. “Kalau memang sudah punya niat maju, kami akan memberi kesempatan, seperti calon-calon yang lainnya,” ucap Akbar.

Apalagi, ujar Akbar, Tommy juga sudah cukup lama berkiprah di Golkar, termasuk melalui Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

Menurut Akbar Tommy layak menjadi calon ketua umum Partai Golkar. “Beliau memenuhi persyaratan. Tinggal sekarang ini sejauh mana kesungguhan dan keseriusannya,” katanya.

Lebih lanjut Akbar mengatakan, nama Tommy saat Munas Golkar di Riau tahun 2009 juga sudah disebut-sebut bakal menjadi menjadi salah satu kandidat ketua umum.

Akbar menilai positif jika Tommy benar maju sebagai salah satu calon saat Munaslub nanti yang akan digelar di Bali pada 23-26 Mei 2016. “Bisa memperkaya bursa calon ketua umum, semakin banyak pilihan. Tentunya nanti dipilih yang terbaik,” ujarnya.

Di sisi lain, Panitia Munaslub Golkar mewajibkan para bakal caketum menyetor Rp 1 miliar sebagai uang pendaftaran. Salah satu bakal caketum, Mahyudin siap menjalankan syarat tersebut.

"Itu kan tadi disampaikan bahwa ada di AD/ART. Sumbangan, iuran itu sah-sah saja," kata Mahyudin di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/5).

Menurutnya, Munaslub ini merupakan gelaran langka. Mahyudin pun siap mensukseskannya dengan mengikuti setiap syarat. "Ini event besar, jarang terjadi. Saya juga harus ikut berpartisipasi. Saya akan menyumbang," ungkap Wakil Ketua MPR ini.

Selain setor Rp 1 miliar, para caketum juga diajak untuk menyumbang demi pelaksanaan Munaslub. (det/tic/mer/lan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...