Menpora Siapkan Tiga Permen soal Sepak Bola, FIFA Beri Rekomendasi PSSI Gelar KLB

Menpora Siapkan Tiga Permen soal Sepak Bola, FIFA Beri Rekomendasi PSSI Gelar KLB Menpora Imam Nahrawi.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga () Imam Nahrawi tengah menyiapkan tiga Peraturan Menteri (Permen) terkait sepak bola. Permen ini mencakup standardisasi organisasi cabang olahraga agar memiliki visi reformasi, standardisasi pengurus cabang olahraga, dan standardisasi penyelenggaraan kongres cabang olahraga.

Menurut Imam, tiga Permen bertujuan untuk menyempurnakan regulasi pemerintah yang sudah ada soal olahraga. Hal ini juga diharapkan bisa menjawab pertanyaan mengenai reformasi sepak bola dari pemerintah.

”Tiga Permen tersebut bisa dijadikan rujukan dalam membangun fondasi reformasi tata kelola sepak bola. Selain itu, permen itu sekaligus jadi pendorong melakukan KLB yang reformatif,” ucap Imam di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (28/4/16).

”Pemerintah memiliki visi, menyiapkan strategi, serta blue print mengenai arah reformasi tata kelola. Dalam menjalankannya, pemerintah tunduk dan berjalan sesuai koridor hukum,” tutur dia.

Pada momen yang sama, Imam juga mendorong agar Kongres Luar Biasa segera digelar. Nantinya, komite independen akan ditunjuk sebagai pelaksana.

Sikap Imam dilatarbelakangi hasil pertemuan antara FIFA dengan dua wakil Indonesia di Zurich, Swiss, Selasa (26/4/2015). Erick Thohir mewakili pemerintah, sedangkan Agum Gumelar merepresentasikan .

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (), Imam Nahrawi, memastikan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia () secepatnya akan digelar. Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), kata dia, telah memberikan rekomendasi untuk menggelar kongres tersebut.

"FIFA sudah merekomendasi untuk KLB digelar dalam waktu maksimal tiga bulan ke depan," ujar .

FIFA menyampaikan rekomendasi tersebut melalui surat resmi FIFA yang ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara, Praktikno. Surat yang ditandatangani acting Sekretaris Jenderal FIFA, Markus Kattner, dikirimkan hanya berselang jam setelah utusan pemerintah Indonesia yang diwakili Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir dan Ketua Tim Ad-Hoc Reformasi Agum Gumelar bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di markas FIFA, di Zurich, Swiss, Selasa lalu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO