Led Zeppelin Dilaporkan 'Mencuri' Chord Pembuka Lagu Stairway to Heaven

Led Zeppelin Dilaporkan Anggota Led Zeppelin John Paul Jones, Robert Plant and Jimmy Page. foto: repro mirror.co.uk

LOS ANGELES, BANGSAONLINE.com - Anggota Led Zeppelin Robert Plant dan Jimmy Page diadili. Mereka dituduh mencuri chord pembuka lagu "Stairway to Heaven" yang dirilis tahun 1971.

Pengadilan Los Angeles mengatakan chord pembuka "Stairway", nyaris sama dengan chord lagu milik Taurus Band yang dirilis tahun 1967.

Kasus ini dilaporkan Michael Skidmore, wali dari Randy Wolfe yang tidak lain adalah gitaris dan komposer Taurus Band.

Skidmore mengatakan, Taurus dan Led Zeppelin pernah melakukan tur bersama-sama pada tahun 1968 dan 1969. Dari tur ini lah Led Zeppelin menulis Stairway To Heaven, tetapi tidak pernah memberi Wolfe kredit.

Pengacara Led Zeppelin berkilah bahwa Wolfe menulis lagu berdasarkan hubungan pertemanannya. "Begitu chord itu mendunia, kenapa harus muncul masalah," katanya.

Hakim Klausner menolak klaim bassis Le Zeppelin John Paul Jones dan Warner Music Group Corp, bahwa semua telah terselesaikan. “Skidmore hanya bisa menerima 50 persen dari kerugian diberikan, mengutip kontrak 1967 yang Wolfe tandatangani," jelas hakim.

Menurut pengaduan, sebelum kematiannya pada tahun 1997 Wolfe mengeluh tentang persamaan lagu.

Stairway to Heaven adalah salah satu lagu rock paling sukses sepanjang masa, dan menghasilkan ratusan juta poundsterling.

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO