Telkom Perluas Program Kampung UKM Digital di Surabaya

Telkom Perluas Program Kampung UKM Digital di Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Indonesia resmikan Kampung UKM Digital dengan nama tas Gadukan Surabaya.Hal tersebut dilakukan guna memperbanyak coverage implementasi program Kampung UKM Digital untuk memajukan UKM Indonesia.

Di sentra industri yang berada di wilayah Morokrembangan ini, tak kurang dari 60 perajin menekuni usaha pembuatan tas mulai dari tas fashion, tas anak sekolah, tas laptop, dan beberapa jenis tas lainnya.

Tas-tas hasil produksi ini sebagian besar bahan bakunya diambil dari Jakarta dan barang jadinya didistribuskan ke user di beberapa pusat grosir seperti halnya PGS (Pusat Grosir Surabaya), ITC, JMP (Jembatan Merah Plasa) dan sekitarnya.

Selain di Surabaya, pengrajin mendistribusikan hasilnya ke end user di beberapa kota lain di Indonesia seperti halnya di Balikpapan, Samarinda, dan Makassar. Mereka menjalani bisnisnya rata-rata selama 7 tahun.

“Dalam program Kampung UKM Digital ini, kami membantu pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern,” ungkap General Manager area Surabaya, M. Nasrun Ihsan sesaat setelah peluncuran program Kampung UKM Digital yang berlangsung di Balai RT 08/RW 03 Kelurahan Morokrembangan Jl. Gadukan Baru RT 08/RW 03 Surabaya.

Untuk mengembangkan Kampung UKM Digital ini, menurutnya, pihaknya tidak melangkah sendirian, ada banyak unsur terlibat didalamnya seperti halnya beberapa kampus dari Akademisi, komunitas-komunitas IT dari unsur Community yang akan membantu pemanfaatan TIK, Disperindag dari unsur Government dan Media.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO