Kamis, 28 Mei 2020 23:12

Reses Noto Utomo Banjir Keluhan Masyarakat

Senin, 21 Maret 2016 17:21 WIB
Reses Noto Utomo Banjir Keluhan Masyarakat
TAMPUNG ASPIRASI: Anggota Komisi D, Noto Utomo saat jalani reses. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Reses (serap aspirasi masyarakat) tahap pertama di Tahun 2016, benar-benar dimanfaatkan oleh 50 anggota DPRD Gresik, untuk menampung aspirasi masyarakat.

Anggota Komisi D DPRD D Gresik, Noto Utomo, misalnya. Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan reses tersebut untuk menampung segala keluhan, aspirasi dan kritik masyarakat untuk diteruskan kepada pemerintah.

Noto menyatakan, saat dirinya menggelar reses di Dusum Pereng Kulon Desa Melirang Kecamatan Bungah, banyak keluhan yang diterima dari masyarakat yang berada di wilayah tersebut. "Saya kebabjiran keluhan dari masyarakat," kata Noto.

Baginya, keluhan yang disampaikan masyarakat saat reses itu sangat baik. "Keluhan dan pengaduan maupun kritik yang sifatnya konstruktif (membangun) itu sangat bagus. Sebab, hal tersebut bisa kami jadikan bahan untuk memberikan masukan kepada pemerintah," jelas politisi muda PDIP asal Kecamatan Bungah ini.

Keluhan itu di antaranya, berupa soal masih belum berjalannya pelayanan kesehatan dengan baik. Misalnya, masyarakat mengeluhkan soal pelayanan berobat kesehatan dengan program BPJS (Badan Penyenggara Jaminan Sosial) yang berbelit-belit.

Di mana, pasien terkesan sering dipingpong pihak sarana kesehatan yang ditunjuk pemerintah.

"Masyarakat mengeluhkan masih lambannya pelayanan kesehatan dengan program BPJS. Mereka mengeluhkan pihak Rumah Sakit atau Puskesmas kerap tidak memerioritaskan pasien yang berobat dengan program BPJS, sehingga masyarakat terpaksa pakai jalur umum (membayar)," ungkapnya.

"Masyarakat maunya, berobat dengan BPJS cukup di Puskesmas saja, tidak dirujuk-rujuk ke RS lagi biar masyarakat tidak jauh-jauh," sambungnya.

Dalam reses tersebut, lanjut Noto, dirinya juga mendapatkan keluhan soal aktivitas truk pengangkut galian C yang sangat meresahkan. Para sopir sering ugal-ugalan, truk tidak ditutup terpal, sehingga limbahnya (debu) mengenai masyarakat dan mengotori jalan.

Parahnya lagi, kata Noto, truk tersebut membuat kerusakan jalan yang begitu parah, terlebih jalan nasional.

Selain itu, tambah Noto, dalam resesnya itu, dia juga kebanjiran keluhan soal masih merajalelanya pungutan liar (pungli) di lambaga-lembaga pendidikan. Warga memertanyakan bukti program pemerintah yang konon telah menggratiskan biaya pendidikan. 

Atas keluhan masyarakat tersebut, kata Noto, soal masih buruknya pelayanan kesehatan baik di puskesmas maupun Rumah Sakit, jalan rusak akibat dilalui truk pengangkut galian C dan masih maraknya pungutan liar di lembaga pendidikan, pihaknya akan meneruskan keluhan tersebut ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait.

Terkait keluhan pelayanan kesehatan, akan diteruskan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Ibnu Sina. Soal jalan rusak diteruskan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) agar kalau jalan yang rusak itu wewenang kabupaten cepat diperbaiki dan kalau wewenang pusat agar diteruskan ke instansi terkait.

"Sedangkan, soal maraknya pungli di pendidikan, akan diteruskan ke Dinas Pendidikan," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...