Nyaris Tenggelam, Kapal Berpenumpang 27 Orang Buang Muatan ke Laut

Nyaris Tenggelam, Kapal Berpenumpang 27 Orang Buang Muatan ke Laut ?Salah seorang ABK kapal Barokah 2 menunjukkan lokasi evakuasi warga. foto:hadi prayitno/bangsaonline

SITUBONDO (bangsaonline) -

Kapal motor bernama Putri Kuning berpenumpang 27 orang jurusan Panarukan-Sumenep terpaksa membuang muatannya ke laut karena nyaris tenggelam dihantam ombak di perairan , kemarin malam (6/5/2014).

Selain membawa 27 orang penumpang, muatan tersbut juga mengangkut barang konsumtif, dan beberapa jenis bahan bangunan. Karena nyaris tenggelam diterjang ombak, beberapa muatan terpaksa dibuang ke laut oleh ABK, untuk mengurangi beban . “Muatan yang dibuang genteng dan asbes. Di juga ada enam sepeda motor tapi tidak dibuang,” ujar Sahruji salah seorang ABK perahu motor Putri Kuning saat dihubungi anggota 0823 Kodim .

Diperoleh keterangan, penumpang tersebut berangkat dari pelabuhan Panarukan sekitar pukul 23.00 WIB. Sekitar satu jam perjalanan tiba-tiba mesin tersebut mogok. Akibatnya harus menghadapi cuaca laut yang sedang buruk. Setelah dihantam ombak besar air masuk ke geladak sehingga membuat penumpang menjadi panik. “Airnya masuk, jadi penumpang panic,” kata salah seorang nelayan di pelabuhan Panarukan.

Beruntung, saat bersamaan ada perahu motor Barokah 2 nelayan Panarukan milik H. Atma, warga Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan yang hendak menjaring ikan di perairan yang tak jauh dengan lokasi kejadian.

Sebelum nelayan ini menebarkan jaringnya, mereka mendengar suara teriakan orang-orang yang minta tolong. Kapal Barokah 2 inilah yang akhirnya mengevakuasi seluruh penumpang yang semuanya berasal dari Giliraje dan langsung dibawa kembali ke Pelabuhan Panarukan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. “Pagi tadi sekitar jam lima, semua penumpang sudah melanjutkan perjalanan dengan naik bus melalui jembatan Suramadu,” kata Maryono, salah seorang petugas BPBD .

Data yang dikumpulkan menyebutkan, usai para penumpang dievakuasi kembali ke pelabuhan Panarukan, motor Putri Kuning yang mengangkut sejumlah barang melanjutkan perjalanan menuju Giliraje. Sekitar pukul 07.00 pagi kemarin (6/5), yang nyaris tenggelam tersbut sudah tiba di Giliraje. “Pak Saruji sudah dihubungi, sekarang sudah sampai di tujuan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO