Gunung Semeru Terus Muntahkan Lava Pijar

Gunung Semeru Terus Muntahkan Lava Pijar Gunung Semeru keluarkan lava pijar. foto: antara

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Usai terjadinya awan panas "Wedhus Gembel" di Lumajang, Sabtu (13/02) lalu. Aktivitas vulkanis guguran lava pijar dari puncak tertinggi di Pulau Jawa terus terjadi dan terlihat pada malam hari.

Meski ada guguran lava pijar sejuah 1-2 kilometer, warga yang berada di 9 kilometer dari puncak tetap tenang. Pasalnya, guguran lava pijar dinilai warga merupakan aktivitas yang biasa dan Semeru tidak akan meletus.

"Kalau lava pijar terus-terusan keluar, semeru aman," kata Matasan, Tokoh Masyarakat Dusun Sumbersari Desa Supit Urang Kecamatan Pronojowo, Jumat(19/02).

Menurut dia, guguran lava pijar di kaki dianggap kejadian normal gunung api. Namun, bila Semeru tidak mengeluarkan letusan dan guguran lava pijar, sering dikhawatirkan oleh warga. "Ya kita anggap sudah normal," papar dia.

Sementara, Kabid Kesiapsiagaan, Penanggulangan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hendro Wahyono mengatakan, sesuai laporan dari petugas Pematau Gunung Api (PGA) Semeru di Pos Gunung Sawur, kondisi Semeru dalam level II Waspada.

"Semeru aman dan warga tetap bisa melakukan aktivitas," pungkas dia.(jal/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO