Gunung Semeru Letupkan 56 Letusan

Gunung Semeru Letupkan 56 Letusan Gunung Semeru. foto: ikhsan mahmudi/ surabaya post

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Warga di Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo melihat material pijar meluncur turun dari kawah sampai sejauh 3 kilometer ke arah Tenggara, Sabtu (23/1)

Menurut salah satu warga setempat, Hariyono, guguran material pijar yang meluncur dari kawah gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, menjadi guguran awan panas di jalur lava arah Tenggara. Secara visual, guguran material pijar itu terlihat seperti luncuran material vulkanik yang diliputi asap tebal mengarah ke selatan. "Namun tidak terdengar suara bergemuruh," katanya dilansir suarasurabaya.net, Sabtu (23/1).

Kendati demikian, warga tetap tenang dengan kondisi tersebut. "Sebab, warga juga sangat paham jika sudah memasuki fase bahaya. Ini seperti kearifan budaya lokal di antara warga," ujarnya

Kata Hariyono, kejadian guguran material pijar dimungkinkan terjadi. Karena, selama dua hari terakhir di puncak terus-menerus diguyur hujan deras. Akibatnya material vulkanik yang menumpuk di jalur lava ke arah tenggara akhirnya tergelontor turun.

"Kemungkinan sumbatan jalur lava yang tertutup material longsor jadi terbuka. Karena material vulkanik yang menumpuk di sana tergelontor turun di jalur lava ke arah tenggara. Sehingga jalur lava menjadi terbuka dan terjadi guguran material pijar ini," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Lumajang, Hendro Wahyono mengatakan, mengeluarkan 56 letusan yang terjadi selama 24 jam terakhir pada Sabtu (23/1).

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO