MEA Diberlakukan, Sidoarjo Diklaim masih Aman dari Tenaga Kerja Asing

MEA Diberlakukan, Sidoarjo Diklaim masih Aman dari Tenaga Kerja Asing

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Meski Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah diberlakukan, namun di nampaknya belum ada pengaruh tenaga kerja asing seperti di daerah lainnya.

“Belum ada pengaruh,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnaker Kabupaten , Handoko, Kamis (21/1) kepada BANGSAONLINE.com.

Handoko mengungkapkan, hingga saat ini tenaga asing yang bekerja di perusahaan di masih stabil seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini artinya, meski MEA sudah mulai diberlakukan, belum ada gempuran tenaga kerja asing di .

Pria yang sudah 8 tahun menduduki jabatan di bawah Bidang Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi itu menyebutkan, saat ini sekitar 580 tenaga kerja asing rata-rata bekerja di bagian teknis di 180 perusahaan di . Mereka di antaranya berasal dari dari negara Cina, Tawan, Korea, Jepang, Filipina Dan Australia

Jumlah tenaga kerja itu, sambung Handoko, masih stabil mulai Tahun 2013 hingga mulai diberlakukannya MEA ini. “Iya terkadang turun terkadang naik sedikit. Tidak naik secara drastis walaupun sudah diberlakukannya MEA ini,” ungkapnya.

Handoko mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir untuk tidak mendapat lapangan pekerjaan dalam persaingan dengan tenaga kerja asing. Alasanya, kata Handoko, secara aturan yang berlaku hingga saat ini masih belum ada perubahan. “Dari Menaker, Imigrasi hingga saat ini masih belum ada perubahan," pungkasnya. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO