Gagal Panen, Petani Desa Argosari Lumajang Dibantu Beras

Gagal Panen, Petani Desa Argosari Lumajang Dibantu Beras Lahan warga di desa Argosari, kecamatan Senduro. foto: imron/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Guyuran abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo yang mengarah ke Lumajang beberapa hari ini menyebabkan ratusan hektare lahan pertanian di Desa Argosari Kecamatan Senduro mengalami kerusakan. Akibatnya, lahan yang mayoritas ditanami kentang dan kubis tersebut terancam gagal panen.

Untuk itu, Pemkab Lumajang memberikan bantuan berupa beras kepada 400 Kepala Keluarga (KK) di sekitar daerah terdampak. Masing-masing KK mendapat bantuan 45 kg. Bantuan beras dibagikan langsung oleh Bupati Asat Malik bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang.

Bupati As'at Malik mengatakan, langkah tersebut tujuannya untuk meringankan beban para petani setempat untuk beberapa hari kedepan.

"Antisipasi kebutuhan pokok mereka, semoga (hujan abu vulkanik) tidak terjadi lama," terangnya.

Bupati berharap, hembusan abu vulkanik bisa secepatnya berkurang dan tidak mengarah ke lahan pertanian. Selain bantuan beras, pihaknya juga membawa bantuan 1000 masker untuk dibagikan kepada warga yang terdampak erupsi Gunung Bromo. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO